Sukabumi Update

Sepekan Ramadhan, Harga Ikan Laut Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Turun

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang sepekan Bulan Ramadhan, harga sejumlah ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami penurunan setelah sempat naik di awal Ramadhan.

Seperti jenis etem yang sempat naik ke harga Rp25 ribu, kini kembali ke harga Rp22 ribu. Salem Rp30 ribu menjadi Rp27 ribu, cumi ladur Rp40 ribu menjadi Rp33 ribu, cumi putih Rp60 ribu menjadi Rp40 ribu, layur Rp80 ribu menjadi Rp75 ribu, kakap Rp65 ribu ribu menjadi Rp64 ribu.

BACA JUGA: Pedagang Ngeluh, Harga Ikan Basah di PSM Cibadak Kabupaten Sukabumi Mulai Melambung

"Untuk sekarang, harga ikan mengalami penurunan, setelah munggahan naik karena pembelinya meningkat dan ikan saat itu agak sulit," jelas salah seorang penjual ikan, Kosasih (58) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (2/6).

Meskipun, ikan tangkapan di wilayah perairan Palabuhanratu masih minim, namun turunnya harga ikan di TPI, menurutnya, dikarenakan banyak pasokan ikan dari Jakarta. "Ada perbedaan harga dan kualitas ikan, ikan Palabuhanratu masih segar dan harganya lebih tinggi, kalau ikan Jakarta sudah beku dan harganya lebih murah," bebernya.

BACA JUGA: Harga Ikan Merangkak Naik di TPI Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Namun demikian, ikan yang berada di TPI Palabuhanratu meskipun sebagian dipasok dari Jakarta, masih dikatakan baik dan layak konsumsi. Perbedaan pada jenis layur, karena untuk jenis ikan ini semakin banyak, maka harga semakin naik karena untuk ekspor ke luar negeri.

"Kalau untuk ikan Layur makin melimpah makin mahal karena tujuanya untuk ekspor, kalau selain layur makin melimpah harganya turun," tambah Randi (26) pedagang ikan lainnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI