Sukabumi Update

Ayam Usia 26 Hari Jadi Primadona di PSM Cibadak Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Daging ayam potong berukuran kecil menjadi rebutan para pembeli. Salah satu kios pedagang ayam potong di Pasar Semi Modern (PSM) Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Hermasyah (28), terlihat sibuk melayani pembeli yang entri, Minggu (11/6).

Kios dengan ukuran 2x1,5 meter yang dipenuhi daging ayam itu, menjadi rebutan para pelanggan pembeli ayam berumur sekitar 26 hari. Ayam berukuran kecil ini, jelas Hermansyah, diminati para pengusaha rumah makan masakan Padang dan penjual pecel lele.

BACA JUGA: Harga Daging Ayam di Cicurug Melambung, di Sagaranten Melempem

Abah Dadan (50), pemilik warung makan Ayam Geprek menuturkan, selama bulan puasa dirinya belanja ayam sehari 30 kilogram setiap hari. "Walaupun harus antri dan rebutan dengan pembeli lain. Kalau bulan biasa, kami paling banyak membeli ayam sekitar 15 kilogram. Alhamdulilah selama bulan puasa meningkat," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Tambah Dadan, dengan mengunakan ayam berukuran kecil ini satu kilogramnya bisa dipotong menjadi empat. Namun sayangnya, tambah pemilik warung makan yang berlokasi di belakang Ruko Posindo itu, pedagang ayam potong berukuran kecil di PSM Cibadak hanya ada satu kios.

"Kalau ayam besar paling satu kilogramnya menjadi tujuh potong. Sedangkan kami jual di rumah makan itungannya satuan. Contohnya satu kilogram harga daging ayam 32 ribu Rupiah, dalam satu kilogram bisa tujuh potong, dan kami jual satu potong 12 ribu Rupiah, kan jelas keuntunganya. Kalau pakai ayam berukuran besar tidak akan nyampe keuntunganya," imbuhnya.

BACA JUGA: Musim Pernikahan Mengkatrol Harga Daging Ayam di Sukabumi

Tak heran jika semua pedagang rumah makan yang menggunakan ayam ukuran 26 hari ini, tetap memburunya walaupun harus antri dan berebut dengan pembeli lainnya.

Hal senada diungkap pembeli lainnya, Sri Rahayu (28), ia berjualan pecel lele menggunakan ayam ukuran 0.5 kilogram per ekornya, agar bisa dipotong menjadi empat biji.

"Setiap hari belanja harus pagi-pagi, sebelum datang pedagang ayamnya. Itu pun tidak sendiri, karena yang lain sudah antri. Saat datang ayam langsung berebut dan memilih ayam yang ukuran kecil," ucap wanita asal Lamongan, Jawa Timur itu.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI