Sukabumi Update

Menhub Budi Karya Ancam Berhentikan Taksi Online yang Tak Uji Kir

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengancam taksi online yang tidak melakukan uji kir akan diberhentikan operasinya. Dalam tiga bulan ke depan, Budi Karya berencana merazia mobil pribadi yang digunakan untuk taksi online. 

“Paling lambat tiga bulan ke depan, kami akan lakukan razia,” kata Budi saat berkunjung ke Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, Minggu (6/8/2017).

Budi Karya mendorong pengelola taksi online untuk memenuhi kewajiban uji kir pada mobil pribadi yang selama ini digunakan sebagai armada. Budi mengancam akan memberhentikan operasi, jika pengelola transportasi online tidak memenuhi kewajiban itu.

“Tidak uji kir berhentikan. Karena itu basic untuk keselamatan penumpang. Enggak mungkin kita biarkan mereka (transportasi online) seenaknya sendiri tanpa uji kir,” ujar Budi.

Ia menyarankan kepada pihak pengelola transportasi online untuk bekerja sama dengan pemegang merek guna melakukan uji kir. “Sekarang kan bisa dengan pemegang merek. Misalnya Honda, Toyota, tahu ya,” ujar Budi Karya.

Tak hanya taksi online, Budi juga meminta kepada mobil pribadi untuk melakukan uji kir demi keselamatan bersama. Sebab, saat ini uji kelaikan kendaraan bermotor tidak hanya oleh pemerintah, tapi bisa juga dilakukan oleh swasta. “Termasuk bus juga bisa. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak uji kir,” kata Budi Karya.

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI