Sukabumi Update

Jelang Idul Adha, DKP3 Kota Sukabumi Pantau Ketersediaan Hewan Kurban

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Jawa Barat, pantau ketersediaan dan kesehatan hewan kurban, di sepuluh lokasi penjualan hewan, Selasa (22/8/2017).

Kepala DKP3 Kota Sukabumi Kardina Karsoedi kepada  mengatakan instansinya instansinya menerjunkan 15 tim ke setiap kandang dan pajagalan sapi yang tersebar di setiap Kecamatan di Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Waspada Anthrax, Pemkab Sukabumi Awasi Hewan Kurban

"Setelah dua hari berkeliling ke 10 lokasi, semuanya layak untuk dijual, dikurbankan dan layak untuk dikonsumsi,"ucapnya.

Setiap tahun, kata Kardina, tim DKP3 memantau 70 titik tempat yang menjual hewan kurban, baik sapi maupun domba. " Tim memeriksa semua sisi, baik dari kesehatan hewan dan pemeliharan sehingga masyarakat tidak risau dengan hewan yang dikurbankan,"ujarnya.

BACA JUGA: DP2KP Kota Sukabumi Sidak ke Lokasi Penyembelihan Hewan Kurban

Selain memantau kandang, sebut dia, timnya pun melakukan pemantauan di tempat pemotongan hewan. “Kami harus memastikan apakah pemotongan sesuai dengan syarat islam atau tidak.  Pun saat pendistribusian kepada masyarakat mendapat perhatian kami,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya selalu melakukan penyuluhan baik kepada petani maupun pedagang hewan kurban. Salah satu penyuluhan itu, mengimbau pedagang agar tidak menjual hewan yang cacat untuk kurban.

BACA JUGA: DP2KP Kota Sukabumi Temukan Tiga Sapi Kurban Terkena Cacing Hati

Kalau ada hewan yang cacat, imbuh dia, pihaknya meminta kepada pemilik atau pedagang segera melaporkan, agar hewan tersebut mendapatkan pengobatan.

“Idul Adha merupakan waktu penjualan tertinggi oleh sebab itu tim yang telah ditunjuk melakukan pemantauan dan penyuluhan secara terus menerus sampai tiba Idul Adha,” katanya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI