Sukabumi Update

Mendag Jamin Bulog Tetap Serap Gabah dari Petani

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan Bulog akan tetap menyerap gabah di tingkat petani.

"Bulog pasti menyerap gabah petani. Kalau ada gabah, sudah pasti diambil oleh Bulog. Jangan khawatir," kata Menteri Enggar saat melakukan pemantauan langsung terhadap beras impor di gudang Bulog Divisi Regional DKI Jakarta dan Banten kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018.

Meski beras impor sudah hampir sepenuhnya masuk ke Indonesia, Mendag memastikan hal itu tidak berpengaruh pada daya serap gabah petani oleh Bulog. Apalagi, saat ini telah diatur fleksibilitas gabah hingga 20 persen yang memungkinkan serapan gabah jika harga berada di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

Mendag meminta tidak ada pihak yang membentur isu impor beras karena dapat mengancam daya serap Bulog terhadap gabah di petani.

"Jangan dibentur. Terkesan bahwa masuknya beras impor akan mengancam petani, enggak ada urusan. Ada atau enggak ada impor, tetap kami serap," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti menyatakan pemerintah memiliki kebijakan dalam mengamankan gabah petani dengan tetap melakukan penyerapan dan memastikan beras untuk konsumen tetap tersedia.

"Bulog akan beli berapa pun dan akan menjadi penyangga, menjamin tidak akan ada harga gabah beras jatuh. Kalau ada, kami tetap ambil," ujarnya menegaskan.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI