Sukabumi Update

Layanan Data Internet di Bali Akan Dihentikan Selama Nyepi

SUKABUMIUPDATE.com - Pengguna paket data internet operator di Bali tidak akan bisa menggunakan layanan data internet selama pelaksanaan Hari Raya Nyepi, tepatnya mulai Sabtu, 17 Maret 2018, pukul 06.00 WITA hingga Minggu, 18 Maret 2018, pukul 06.00 WITA.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Kadis Infokom) Bali Nyoman Sujaya mengatakan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) sudah memberikan persetujuan terhadap usulan perwakilan masyarakat Bali agar layanan paket data operator berhenti sementara selama Nyepi. “Sudah disetujui dalam rapat Senin (12 Maret 2018),” ucapnya pada Selasa, 13 Maret 2018.

Sujaya mengatakan selain Kominfo yang memberikan persetujuan, perwakilan asosiasi operator seluler maupun penyedia jaringan internet juga menyatakan kesanggupannya. Dia mengungkapkan, untuk teknis pemutusan sementara layanan paket data tersebut diserahkan kepada masing-masing operator.

Sujaya memastikan hanya paket layanan data internet operator yang diberhentikan sementara selama Nyepi berlangsung. Adapun jaringan internet untuk fasilitas publik, seperti kesehatan hingga keamanan, tidak akan mengalami pemutusan alias tetap dapat beroperasi seperti biasa.

“Kami pastikan sesuai usulan poin empat, hanya layanan data internet di gawai yang mati. Masyarakat tetap dapat menggunakan SMS maupun telepon karena tetap beroperasi seperti biasa,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar surat imbauan yang ditanda tangani oleh sejumlah ketua organisasi keagamaan di Bali terkait pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Usulan ini muncul karena salah satunya dinilai bisa mencegah terjadinya kesalahpahaman akibat unggahan status oleh warganet.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika memastikan bahwa surat tersebut benar, dan dia merupakan salah satu orang yang menandatangani. Dalam salah satu poin imbauan tersebut, operator telekomunikasi diharapkan untuk mematikan data seluler (internet) dari Sabtu, 17 Maret 2018, pukul 06.00 WITA hingga Minggu, 18 Maret 2018, pukul 06.00 Wita.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI