Sukabumi Update

Fix Bandara Sukabumi di Cikembar, Mulai Dibangun 2019, Biayanya Wow!

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan bandara di Sukabumi akan dimulai 2019 mendatang. Ini ditegaskan Budi Karya saat berkunjungke Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/82018).

"Pemda akan menyelesaikan pembebasan tanah tahun ini, tahun depan mulai, Pemda pembebasan lahannya, dari Kemenhub pembangunanya," ujar Budi Karya kepada wartawan.

BACA JUGA: Kunjungi Puncak Darma, M Iriawan Bakal Percepat Pembangunan Bandara di Sukabumi

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II, memastikan lokasi bandara di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Alasannya lokasi tersebut relatif dekat dengan ibu kota Sukabumi dan ibu kota Kabupaten Sukabumi.

"Sudah pasti di Cikembar, dekat ke Kota Sukabumi dan Palabuhanratu sebagai Ibu Kota Kabupaten Sukabumi. Di sana bisa dibangun bandara dengan panjang landasan minimal 1800 meter."

Proyeksi anggaran pembangunan bandara ini sekitar Rp 300 hingga Rp400 miliar, bersumber dari pemerintah pusat.

"Proses pembangunannya seluruhnya oleh pemerintah pusat. Ditargetkan bisa selesai pada 2021 atau 2022," bebernya.

BACA JUGA: Buka-bukaan Soal Macet Jalur Utara Hingga Rencana Pembangunan Bandara Sukabumi

Budi berharap nantinya keberadaan bandara dapat menyokong percepatan pembangunan di Sukabumi. Mendukung keberadaan Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

"Potensi wisata yang telah ada dan berkembang dan Sukabumi harus diberdayakan. Sukabumi harus menjadi tempat tujuan wisata luar biasa," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI