Sukabumi Update

Bernilai Ekonomi, Rumput Laut Pantai Minajaya Sukabumi Dikirim ke Luar Kota

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Surade merupakan salah satu daerah di Kabupaten Sukabumi wilayah selatan yang memiliki objek wisata menawan yaitu pantai Minajaya. Tak hanya indah, Pantai Minajaya juga menyimpan potensi laut yang bernilai ekonomi diantaranya rumput laut.

BACA JUGA: Dua Pekan Jelang Idul Adha, Harga Sembako Di Pasar Palabuhanratu Masih Normal

Rumput laut dari pantai Minajaya banyak dikirim ke luar kota untuk dijadikan makanan dan bahan kosmetik.

Rumput laut dari pantai Minajaya yang dikirim ke luar kota untuk dijadikan makanan dan bahan kosmetik. |Sumber Foto: Ragil Gilang

"Selain dijual ke pengepul untuk dikeringkan dan dibawa ke Sukabumi, Jakarta, dan Bandung. Kami juga jual keliling rumput laut ini harga perkilogram Rp 12 ribu," kata pedagang rumput laut Laeni (40 tahun) warga Kampung Citaritih Desa Pasiripis, Kecamatan Surade.

Rumput laut dapat dijadikan aneka ragam makanan selain agar-agar. Warga biasanya membuat dodol rumput laut dengan cara pengajiannya yang tak sulit. Selain dodol, rumput laut juga bisa jadi sayuran.

"Kalau dibuat dodol harus dikeringkan dulu, sedangkan untuk dimakan bisa dijadikan lalapan dan ditumis," ujar Rohayati (55 tahun) warga Desa Cikangkung.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI