Sukabumi Update

Gallery Jampang Manggung, Sentra Produk Khas Pajampangan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terdapat sebuah wadah yang dibangun untuk menampung kreativitas para pemuda Pajampangan. Namanya, Gallery Jampang Manggung.

Galeri tersebut berada di gedung kafe Lets Coffe di Jalan Surade nomor 42. Ada banyak karya seni, kuliner, dan t-shirt khas hasil karya pemuda Pajampangan.

"Gallery Jampang Manggung merupakan sentra oleh-oleh khas Pajampangan, dalam mendukung keberadaan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, "kata salah satu pengurus Gallery Jampang Manggung, Ujang Sukma Wijaya, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (12 /9/2018).

Galeri tersebut berdiri pada awal 2018. Ada banyak produk yang dipasarkan di galeri ini, diantaranya Kaos Teluh Jampang, Kebul Jampang, batik Jampang serta aneka cemilan dan minuman seperti opak geopark, kopi Jampang, hanjeli,  dan aneka kerajinan tangan dapur kreatif.

BACA JUGA: Pengrajin Ukiran Kayu Di Surade Sukabumi Terkendala Pemasaran

"Semua produk dikelola dan diolah oleh para pemuda Pajampangan. Alhamdulillah tadi Pak Wabup sempat mampir ke galeri, kendati bukan agendanya, kami mengundang selepas kegiatan di Waluran Mandiri  untuk mampir bersilaturahmi dengan rekan pemuda penggerak wisata," kata Sukma.

"Pak Wabup sangat mengapresiasi kreativitas kami. Bahkan mendorong untuk lebih serius menggarap UKM seiring dengan perkembangan geopark. Beliau juga memberikan peluang bagi pengusaha muda dalam permodalan, baik ke BPR atau CSR," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI