Sukabumi Update

Menengok Usaha Makanan Berbahan Jamur Tiram Purabaya Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Budidaya jamur tiram menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena besarnya minat masyarakat terhadap jenis sayuran ini. Disisi lain proses pembudidayaan jamur tiram ini tergolong mudah, hal ini yang juga melatarbelakangi Budi (40 tahun) Warga kampung Gunungbuleud, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, memilih usaha ini.

Budi mengawali budidaya jamur tiram pada tahun 2009, silam. Saat itu Budi beserta saudaranya memulainya dengan modal seadanya. Sebelumnya jamur tiram hanya dijual biasa lalu sejak pertengahan tahun 2012 diproduksi menjadi makanan jadi seperti keripik, nuget, dan kerupuk dengan nama produk Saung Supa.

Budi mengungkapkan, memiliki ide memproduksi jamur tiram menjadi produk makanan jadi karena penjualan jamur tiram kerap turun naik.

BACA JUGA: Menelisik Bukti Sejarah Pajampangan di Patilasan Prabu Jampang Manggung Nyalindung Sukabumi

"Jamur ini kan jenisnya sayuran, jadi setiap awal bulan puasa penjualan jamur menurun mengikuti permintaan sayuran yang juga turun. Akhirnya saya berinisiatif untuk merambah ke bisnis kuliner produk makanan jamur tiram," jelas Budi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (14/9/2018).

Hanya saja produk makanan berbahan dasar jamur tiram produksi Budi bersama empat orang karyawannya ini terkendala bahan baku karena pembudidaya jamur tiram semakin berkurang.

Meski demikian, Budi selalu berusaha memenuhi pesanan kostumer dari minimarket dan toko makanan yang ada di Sukabumi. Produk makanan ini juga banyak dipesan ke luar Sukabumi seperti Surabaya dan Samarinda.

BACA JUGA: Mengulik Sejarah Penting di Balik Perang Bojongkokosan Sukabumi

Dalam sebulan, Budi mengolah sedikitnya 25 hingga 30 kilogram jamur yang ia peroleh dari tempat pembudidayaan milikya dan pembudidaya lain di Purabaya.

"Omsetnya lumayan, dalam satu bulan sekitar Rp 2 juta saya mendapat keuntungan dari menjual keripik, kerupuk, dan nuget berbahan dasar Jamur ini," ujar Budi.

Budi selalu bersedia apabila ada lembaga atau masyarakat perseorangan yang ingin membudidayakan jamur tiram. Menurut dia, tak ada yang tak mungkin asal ada keinginan.

"Saya siap membantu jika ada yang mau mencoba usaha budidaya Jamur Tiram," ungkap Budi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI