Sukabumi Update

Tim BPPPK Kabupaten Solok dan FKDB Bursa Tani, Tinjau Demplot Pertanian di Kecamatan Payung Sekaki

SUKABUMIUPDATE.com - Tim badan penyuluhan pertanian perikanan dan kehutanan (BPPPK) Kabupaten Solok bersama penyuluh pertanian dari FKDB bursa tani meninjau langsung pelaksanaan demonstration plot (Demplot) pertanian.

Peninjauan yang dilakukan di Jorong Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok tersebut sebagai tindak lanjut kesepakatan kerjasama antara FKDB bursa tani dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Solok Sumatera Barat pada 20 September 2018 lalu.

BACA JUGA: Penetapan Teknologi Nutrisi Esensial FKDB Bursa Tani, Panen Petani di Sukabumi Memuaskan

Tim FKDB bursa tani yang dipimpin oleh saudara Lalan mengutarakan, pelaksanaan demplot pertanian saat ini baru pada tahapan penyemprotan nutrisi esensial Saputra dan pemupukan Saputra powder tahap pertama.

"Alhamdulillah, walaupun demikian sudah mendapat kunjungan kerja yang  dihadiri langsung oleh kepala BPPPK sekaligus koordinator penyuluh pertanian Kabupaten Solok, Bapak Ir.Abizar," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (12/10/2018).

Kegiatan aplikasi teknologi nutrisi essensial saputra pada tanaman padi ini, kata Lalan mendapat perhatian serius dari Pemda Solok terkait dengan program pemerintahan Kabupaten Solok yang menargetkan tercapainya peningkatan pendapatan petani.

BACA JUGA: FKDB Bursa Tani Bakal Wujudkan Program Tanam Padi Organik di Kabupaten Sukabumi

"Juga tercapainya target swasembada pangan di kabupaten Solok khususnya dan Provinsi Sumatera Barat umumnya," ucapnya.

Selain itu, tambah Lalan kedaulatan pangan (Food Sovereignty) adalah hal mutlak yang harus segera terealisasikan diseluruh pelososok Nusantara.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada FKDB bursa tani yang telah bersedia membantu penerapan teknologi nutrisi esensial kepada para petani di Solok Sumatera Barat ini," terangnya.

BACA JUGA: Sukses Demplot di Kabupaten Sukabumi, Kini FKDB Bursa Tani Merambah ke Majalengka

Dalam laporan hariannya ketua tim penyuluh pertanian FKDB bursa tani, Lalan kepada ketua umum FKDB dan pembina YPPDB H Ayep Zaki melaporkan bahwa selain meninjau langsung kegiatan demplot pertanian di kecamatan payung sekaki ini.

Tim BPPPK Kabupaten Solok juga berdiskusi dan mencanangkan untuk meninjau daerah lainnya di 14 kecamatan se Kabupaten Solok sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah Solok akan tercapainya program swasembada pangan.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI