Sukabumi Update

Kembangkan Desa Wisata, Pemilik Homstay di Ciemas Sukabumi Dilatih Manajemen

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah pemilik homestay yang berada di Desa Tamanjaya dan Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi diberikan pelatihan manajemen homestay guna pengembangan Desa Wisata di Kawasan Ciletuh – Palabuhanratu di Aula Kantor Desa Ciwaru, Selasa (23/10/2018).

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 15 orang dari Desa Tamanjaya dan 35 orang dari Desa Ciwaru. Turut hadir Deputi kantor kepala perwakilan BI Provinsi Jabar, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Camat Ciemas, Kepala Desa  Ciwaru dan Kepala Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata (STIPAR) YAPARI Bandung.

Menurut Deputi kantor kepala perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Sukarelawati Permana bahwa homestay merupakan bagian yang terpenting dalam pariwisata, salah satunya sebagai daya tarik wisatawan, sehingga pihaknya bersama pemerintah kabupaten dan desa sangat konsen untuk mengadakan pelatihan manajemen homestay.

"Pengunjung domestik atau mancanegara akan merasa betah dan nyaman tinggal berlama-lama kalau memenuhi standar," ucapnya kepada sukabumiupdate.com.

Dikatakannya, sebelum memberikan pelatihan, pihaknya pun melihat dulu mana saja homestay yang sudah memiliki fasilitas untuk diikut sertakan pelatihan.

“Jadi ini lebih pada pengembangan homestay dan tentunya berkelanjutan, pelatihan manajemen homestay sendiri diberikan oleh ahlinya dari STIPAR Bandung," pungkasnya.

BACA JUGA: Warga tiga Desa di Kecamatan Ciemas Sukabumi Dilatih Keterampilan Produk Unggulan Lokal

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman menambahkan, kaitan dengan pelatihan manajemen homestay tersebut, tentunya banyak manfaatnya terutama dalam menerima kunjungan wisatawan.

"Pelatihan ini dilaksanakan dua hari, ada penataan homestay dan kuliner, sementara dalam perkembangannya setelah melakukan pelatihan. Nanti ada pengurus homestay yang mengawasinya. Selain itu nanti diarahkan untuk menjadi desa Wisata,” jelasnya.

"Standarisasi inilah yang nantinya diawasi, seperti Keberhasilan, sanitasi, kuliner dan keramahan pemilik homstay," imbuhnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI