Sukabumi Update

Mulus, Penampakan Jalan Puncak Darma Penunjang GCP Target Selesai Sebelum Tahun Baru

SUKABUMIUPDATE.com – Pembangunan ruas jalan penunjang keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP), dari Kampung Ciemas - Ciatel Desa Ciemas sampai Puncak Darma  Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi hampir selesai.

Jalan sepanjang 13 kilometer ini merupakan program Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, dengan sumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018, sebesar Rp. 72 miliar. 

Menurut pelaksana lapangan PT. Trie Mukty Pertama Putra yang mengerjakan jalan ini, pembangunan sudah mencapai 90 persen.

BACA JUGA: Menikmati Pemandangan Geopark Ciletuh sambil Meneguk Es Kelapa Muda di Panenjoan

“Tinggal pengaspalan hotmix  satu kali lagi sepanjang 10 kilometer, panjang total 13 kilometer, yang 10 km diaspal dan tiga km dibeton,”jelas Loli Sapril Anwar kepada sukabumiupdate.com, Selasa, (6/11/2018). 

Ia menjelaskan pelaksanaan pengaspalan paling cepat 10 hari dan paling lama tiga minggu. “Pengerjaan jalan baru ini bisa tuntas, setelah itu masa pemeliharaan satu tahun tanggung jawab kami," ujarnya. 

Hampir selesainya jalur Puncak Darma ini langsung disambut antusias Kepala Desa Ciemas Dede Rukmana. Kepada sukabumiupdate.com, Dede menyebut bahwa ini mimpi yang jadi kenyataan.

BACA JUGA: Bukit Cinta Ciemas, Spot Geo Climbing di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

“Tidak pernah tidak terpikirkan jalan yang dulunya tanah dan bebatuan kini diaspal hotmix, saat proses awal kami berusaha meyakinkan baik ke pihak pemprov, juga sosialisasi kepada warga, mereka sangat antusias, sehingga pembangunan berjalan lancar.”

Menurut Dede, selain penunjang akses GCP, keberadaan jalan ini sangat terbantu akselerasi kegiatan warga, khususnya dalam hal ekonomi, untuk mengangkut hasil pertanian.

“Selain itu mempermudah akses kesehatan dan kepentingan sosial, saat inipun walaupun belum 100 persen, sudah mulai bisa dipergunakan oleh warga,” pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI