Sukabumi Update

DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Asah Kemampuan Pengemasan Produk Lokal GCP

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, memberikan pelatihan bimbingan teknik (Bimtek) kepada puluhan pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Desa Ciracap Kecamatan Ciracap dan Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran.

Kabid Bina UKM DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Nandang Sunandar mengatakan Bimtek ini hanya satu hari dan diikuti oleh 50 orang pelaku UKM dari dua kecamatan. Bimtek ini lebih fokus terhadap skill atau kemampuan dalam mengemas produk lokal.

BACA JUGA: Metrologi DPKUKM Kabupaten Sukabumi Sebut Pertamini Ilegal, Ini Alasannya

"Sebenarnya mereka sudah ahli, cuma soft skillnya yang harus lebih dimotivasi, baik kemasan dan semangat tinggi untuk menciptakan produk lokal unggulan,"ujarnya di aula Kantor Desa Ciracap, Rabu (21/11/2018).

Hal ini untuk mendorong para pelaku Ukm, terutama yang ada di wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Seperti hari ini olahan pangan Hanjeli dari Desa Waluran Mandiri dan Markisa dari Desa Ciracap.

"Sesuai dengan program kami one RT, one, RW one enterpraner (satu RT /RW satu pengusaha)," katanya.

BACA JUGA: SPBU Tidak Tera Ulang, Metrologi DPKUKM Kabupaten Sukabumi Jelaskan Sanksinya

Intinya segala potensi sumber daya alam yang ada di Wilayah Geopark Ciletuh Palabuhanratu, kata Nandang bisa dimanfaatkan dipelihara dan diolah. Sehingga bisa menjadi oleh-oleh yang punya daya tarik tersendiri, baik kemasan ataupun rasa.

"Tentu semuanya harus ada kerjasama dan kolaborasi, baik dari pengolahan, kemasan maupun pemasaran secara online ataupun ofline. Apalagi untuk menunjang permodalan sudah ada BPR Sukabumi,"pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI