Sukabumi Update

Kadis DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Beberkan Sebab Harga Ayam Naik

SUKABUMIUPDATE.com - Harga Daging ayam dan telur mengalami kenaikan di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kenaikan tersebut diakibatkan banyaknya permintaan dari masyarakat.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperdagkop UKM) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar menjelaskan kenaikan tersebut terjadi sejak satu pekan lalu.

“Di Pasar Cicurug harga daging ayam ras mengalami kenaikan, dari minggu lalu Rp36 ribu perkilogram pada hari ini berkisar Rp38 ribu per kilogram. Sedangkan harga telur ayam pada minggu lalu Rp24 ribu menjadi Rp25 per kilogramnya,” ujar Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (4/12/2018).

BACA JUGA: Naik, Harga Daging Ayam di Pasar Palabuhanratu Sukabumi Rp35 Ribu

Begitu juga di Pasar Cibadak, kata Asep harga daging ayam pada hari ini masih berkisar Rp38 ribu per kilogram, sedangkan harga telur ayam Rp26 ribu per kilogramnya.

“Adapun untuk sayuran, harga wortel mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan, yang asalnya Rp7 ribu menjadi Rp14 perkilogramnya,” paparnya.

Menurut, Asep kenaikan harga beberapa komoditi kebutuhan pokok masyarakat tersebut terjadi banyaknya permintaan di masyarakat. “Hal itu berkaitan juga dengan mendekati hari besar keagamaan nasional yaitu hari natal dan maulid nabi Muhammad SAW, serta banyaknya masyarakat yang melangsungkan pernikahan,” tandasnya.

Pantauan sukabumiupdate.com, di  Pasar Semi Modern (PSM) Cicurug pun mengalami kenaikan harga. Akibatnya pedagang tidak berani untuk menyetok barang, seiring sulitnya suplay daging ayam.

BACA JUGA: Harga Ayam Potong dan Telur Masih Tinggi, Polisi Sidak Pasar Cibadak Sukabumi

“Sudah dua pekan ini harga naik Rp3 ribu, suplay ayam juga dari sekitar Sukabumi sulit. Sehingga dikirm dari Cianjur, Bayah, Cirata bahkan dari Lampung,” ucap salah seorang pedagang, Abah Hadi.

Setiap menjelang tahun baru, kata Hadi  pasti mengalami kenaikan harga dan berdampak kenaikan juga pada penjualan yang semakin hari semakin sepi.

"Saya hanya menyiapkan 50 kilogram saja sehari, itu pun  tidak habis. Kalau lagi ramai bisa menjual sampai satu kwintal," tandasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI