Sukabumi Update

Kecamatan Waluran Sukabumi Jadi Daerah Pemasok Bambu Hitam

SUKABUMIUPDATE.com - Bambu hitam yang tersebar di semua desa Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, diperkirakan mencapai ribuan pohon yang tumbuh di lahan mencapai puluhan hakter. Bambu hitam dari Kecamatan Waluran ini menjadi pundi rupiah bagi petani karena dijual sampai ke luar kota.

"Bambu hitam dijual ke beberapa kota, seperti, Bogor, Bandung, Tangerang bahkan sampai Jakarta, digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah, kerajinan dan furniture," jelas Dedi, Kadus Cibungur Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/1/2019).

Dedi menuturkan, Kecamatan Waluran merupakan salah satu pemasok bambu hitam yang cukup besar. Diperkirakan ada sekitar 20 hingga 25 hakter lahan di Kecamatan Waluran yang ditumbuhi bambu hitam.

BACA JUGA: Pujasera Lengkong, Cara Masyarakat Tangkap Peluang Ekonomi Wisatawan Geopark Ciletuh

"Dalam seminggu bisa ribuan batang berukuran tinggi empat meter diangkut menggunakan mobil truk. Harga dari petani Rp 1,500 perbatang namun tergantung jarak medannya sampai ke jalan utama. Diperkirakan sama biaya operasional habis sekitar Rp 5 ribu," pungkasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI