Sukabumi Update

Berawal dari Festival Kecamatan, Durian Cikakak Sukabumi Menuju Level Nasional

SUKABUMIUPDATE.com- Festival Duren Duren ke 2, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi berlangsung meriah, Jumat (1/2/2019). Ratusan pencinta durian mendatangi lokasi festival di area Objek Wisata Batu karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu.

Sebanyak 30 stand disiapkan panitia. Sepuluh diantaranya diisi para penjual durian dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu, Cisaat dan Surade. Sedangkan 20 stand lainnya diisi berbagai olahan makanan yang berbahan dasar durian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, mengatakan festival durian tersebut diselenggarakan untuk mencari dan mendapatkan varietas durian terbaik. Nantinya durian terbaik akan didaftarkan menjadi varietas unggul nasional dan dikembangkan di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi.

"Jadi akan didaftarkan ke tingkat nasional agar memiliki hak paten durian Sukabumi," ujar Sudrajat ditemui sukabumiupdate.com di lokasi acara.

Data di Dinas Pertanian, lanjut Sudrajat, saat ini terdapat 159 ribu pohon durian di Kabupaten Sukabumi. Setara dengan luasan kebun sekitar 100 hektare.

Tak cuma di Kecamatan Cikakak, durian juga tumbuh dengan baik di wilayah lain. Seperti Kecamatan Cisolok, Cisolok, Ciemas, Cikembar, Purabaya, Cikidang, dan Warungkiara.

BACA JUGA: Hari Pertama Festival Duren Duren Cikakak Sukabumi, Panitia Siapkan 500 Durian

"Bukan berarti di tempat lain tidak ada tapi yang sentralnya di kecamatan tersebut. Dari jumlah tanaman durian yang ada, 60 persen diantaranya sudah berbuah," jelasnya.

Masih kata Sudrajat, durian yang ada di Kabupaten Sukabumi hampir 60 persen merupakan durian lokal. Sementara 40 persen lainnya merupakan varietas nasional, seperti durian matahari, petruk, gandaria, montong, dan lainnya.

BACA JUGA: Durian si Lai dari Palabuhanratu, Bikin Ngiler!

"Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk mendukung pengembangan destinasi wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Kami merasa perlu untuk mempromosikan durian lokal Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Usman Abdul Faqih, mengatakan festival tersebut akan diselenggarakan rutin setiap tahun. Ia mengharapkan, Festival Durian turut menggenjot tingkat kunjungan wisatawan ke Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Editor : Mulvi

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI