Sukabumi Update

Budidaya Ikan Tawar di Cisaat Sukabumi Modal Rp 1 Juta Keuntungan Rp 6 Juta, Berminat?

SUKABUMIUPDATE.com - Peternak ikan air tawar di Kampung Gentong, Desa Sukasari, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah sekali panen.

Ujang Misbah (48 tahun) merupakan salah satu peternak ikan di Desa Sukasari ini. Dia memiliki 30 kolam dan setiap kolam yang berukuran 30 x12 meter persegi ini rata-rata ditanami 15 ribu ekor ukuran kecil setiap kolam. Ikan yang dibudidayakan adalah jenis ikan hias serta ikan untuk dikonsumsi.

"Saya menjalankan usaha budidaya ikan dari tahun 2004 sampai sekarang, Alhamdulilah dengan usaha ini cukup buat kehidupan keluarga. Dengan modal satu juta rupiah perkolam setiap panen bisa menghasilkan Rp 5 -6 juta," ujar Ujang.

BACA JUGA: Musim Belalang di Pajampangan Sukabumi, Harganya Lebih Mahal dari Daging Ayam

Ujang mengungkapkan, menjual ikan kepada tengkulak yang sudah rutin datang. Awalnya Ujang, menjalankan usaha ayam potong lalu semenjak tahun 2004 banting setir ke usaha budidaya ikan karena keuntunganya menjanjikan. Saat ini, jenis ikan hias yang laku di pasaran adalah koi dan komet. Harga ikan-ikan ini akan semakin mahal apabila warna dan coraknya bagus.

"Tergantung warna dan corak yang sering digemari para pembeli," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI