Sukabumi Update

Baru Satu Pohon, Dibalik Nama Vanesa Durian Jawara Festival Cikakak 2 Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat dengan Varietas Durian Vanesa, juara pertama di ajang Festival Durian Durian kedua di Taman Wisata Batu Karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, beberapa waktu lalu. Pohon durian venesa ini ternyata hanya baru satu pohon yang tumbuh.

BACA JUGA: Vanesa Dkk, Durian Lokal Cikakak yang Mampu Sedot Wisatawan ke Sukabumi

Pemilik pohon durian venesa, Saeban warga Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak ini mengaku akan mengembangkan varietas durian vanesa. Apalagi saat ini banyak diburu penikmat durian dan menjadi primadona Kecamatan Cikakak.

"Di Desa Gandasoli, pohon durian jenis ini baru tumbuh satu pohon, makanya kita sedang mencoba untuk pengembangkannya," ujar Saeban kepada sukabumiupdate.com, Rabu (6/2/2019).

Saeban menjelaskan, pohonnya tinggi, cabangnya sedikit sedangkan bentuk duriannya oval tapi agak lonjong ke ujung tangkai buahnya.

"Kalau kata orang sini mah cupatnya itu menyerupai dagu perempuan cantik, makanya dinamakan Durian Vanesa, saat akan diadakan kontes festival durian durian di Kecamatan Cikakak," paparnya.

Selain itu, lanjut Saeban durian vanesa memiliki kelebihan, terutama dari aromanya yang wangi khas durian, serta rasa manisnya yang bikin ketagihan bagi yang mencicipinya.

"Tekstur daging lembut, tebal dengan biji tidak terlalu kecil. Paling besar, berat durian vanesa ini bisa mencapai 3 kilogram. Untuk harga saya rasa cukup terjangkau bagi pencinta durian, kisaran Rp50 ribu perbuahnya, karena keterbatasan buah, saya tidak menjual dengan digelar. Sudah banyak yang pesan semenjak buah durian di atas pohon," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI