Sukabumi Update

Tangkapan Nelayan Berkurang, Pasokan Ikan Didatangkan dari Luar Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Harga ikan laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami kenaikan.

Ikan Layur dari Rp 65 ribu kini menjadi Rp 85 sampai Rp 90 ribu perkilogram, ikan tongkol kini Rp 35 perkilogram padahal sebelumnya Rp 20 ribu, kemudian ikan cumi sebelumnya Rp 25 ribu naik menjadi Rp 35 ribu, ikan etem yang biasanya Rp 25 ribu sekarang Rp 30 ribu perkilogram. Kenaikan harga ini disebabkan berkurangnya pasokan ikan dari nelayan karena cuaca yang tak bersahabat.

BACA JUGA: Ikan Laut di Pasar Palabuhanratu Naik, Simak Harganya

"Dari Januari 2019 hampir semua jenis ikan tangkapan nelayan mengalami kenaikan harga rata rata sekitar 5 - 10 persen," ujar Diki (36 tahun) salah seorang pedagang ikan kepada sukabumiupdate.com, Jumat (15/2/2019).

Menurut Diki, ombak tinggi dan angin kencang menyebabkan nelayan tidak melaut. Nelayan tak mau ambil resiko menghadapi cuaca yang tidak bersahabat.

"Sedang musim barat, banyak nelayan yang tidak turun memilih menyandarkan perahunya, jadinya pasokan ikan berkurang," jelasnya.

Akibat pasokan ikan yang kurang, maka pasokan ikan didatangkan dari luar Palabuharatu seperti Binuangeun, Pangandaran, Bandung dan Jakarta.

"Stok ikan laut yang dijual pedagang saat ini pasokan kiriman dari luar Palabuhanratu yang sudah dibekukan," ujar Nandi Ruswandi (42 tahun), pedagang ikan lainnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI