Sukabumi Update

Tambah Luas 50 Hektar, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Kembangkan Produk Manggis

SUKABUMIUPDATE.com- Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi saat ini fokus mengembangkan produk unggulan hasil pertanian yaitu buah manggis, durian dan bawang merah. Pengembangan dilakukan salah satunya dengan menambah luas lahan. 

Kepala Dinas Pertanian Ajat Sudrajat mengungkapkan, pada tahun ini untuk manggis ada pengembangan seluas 50 hektar terutama di sentra sentra penghasil buah manggis. Demikian juga dengan durian, pengembangannya hanya untuk varietas unggul seperti yang dipamerkan dalam Festival Duren Duren Cikakak 2 tahun 2019.

BACA JUGA: Petani Mengeluh, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sebut Harga Manggis Minimal Rp 6.000

"Akan ada pengembangan produk tanaman lainnya seperti manggis,durian dan bawang merah. Untuk manggis tahun ini ada pengembangan seluas 50 hektar terutama di sentra-sentra penghasil buah manggis. begitupun dengan durian, namun pengembangannya untuk varietas unggul saja yang kemarin ikut festival,"ungkap Ajat saat menghadiri panen raya padi teknologi Larikan Gogo (Largo) di perkebunan kelapa, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kamis (28/2/2019).

Untuk bawang merah, Ajat mengungkapkan, dari Kementerian Pertanian sudah dianggarkan untuk pengembangan berupa bibit dan penanaman.

Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu sentra manggis. Manggis yang dihasilakan dieskpor ke beberapa negara diantaranya Tiongkok. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI