Sukabumi Update

DPMTSP Kabupaten Sukabumi Lirik Peluang Investasi Pariwisata Curug Puncak Jeruk

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi menilai, masih banyak keindahaan alam yang jadi objek wisata Kabupaten Sukabumi masih belum dikelola dengan baik, sehingga objek wisata tersebut masih asing di telinga para investor. 

BACA JUGA: Tenjo Land, Konsep Wisata Baru Garapan DPMPTSP Kabupaten Sukabumi di Selatan

Salah satu tempat yang memiliki daya tarik wisata di Kabupaten Sukabumi adalah Curug Puncak Jeruk di Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Objek wisata tersebut mampu menarik investor apabila dikelola dengan baik serta dilakukan pengembangan.

Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Nina Widiawati menjelaskan, potensi kawasan Puncak Jeruk adalah potensi flora dan fauna, kemudian potensi panorama alam serta yang sangat menarik adalah potensi pemandian alam. 

"Panorama alam di Puncak Jeruk sangat indah," ungkap Nina saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Selasa (19/3/2019) di ruang kerjanya.

Nina menyebut, Puncak Jeruk ini memiliki luas wilayah sekitar 20 hektare. Tidak hanya menampilkan pesona alam berupa curug saja. Area Puncak Jeruk terdiri dari lahan luas dengan berbagai jenis pepohonan yang rindang serta memberikan kesan sejuk dan alami. Kontur tanah dari Puncak Jeruk juga memiliki kontur yang sangat baik dan menantang bagi parawisata jenis offroad maupun downhill.

"Kedepannya bisa dibuat camping ground, track offroad, outbound, hiking track, area pentas, restoran dan area penangkaran rusa," paparnya.

BACA JUGA: Berikan Layanan Terbaik, DPMPTSP Kabupaten Sukabumi Suguhkan Aplikasi Online

Untuk biaya investasi yang dianggarkan mulai dari perizinan, persiapan lahan, fasilitas hingga bangunan-bangunan pendukung, berdasarkan analisa finansial DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, yakni nilai investasinya sebesar Rp 24.220.200.000, laba bersih sebesar Rp 7.563.442.800 per tahun, internal rate of return sebesar 8,27 persen dan payback period selama tahun tiga bulan.

"Dari analisa kelayakan yang telah kita lakukan, maka potensi wisata Curug Puncak Jeruk di Waluran Sukabumi ini layak untuk dikembangkan," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI