Sukabumi Update

Distan Kabupaten Sukabumi Berikan Bimtek Alsintan Kepada Puluhan Kelompok Tani

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi berikan bimbingan teknik (Bimtek) alat mesin pertanian (alsinta) kepada 30 kelompok tani. Bimtek tersebut sebagai upaya peningkatan produksi melalui sarana prasarana dan pertanian.

BACA JUGA: Kenalkan Pengendalian Hama, Distan Kabupaten Sukabumi Gaet Mahasiswa dan Pelajar

Kegiatan yang diselenggarakan di aula rapat Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tersebut, mendapat sambutan baik dari para petani yang merupakan penerima alsintan yang akan diserahkan pada Kamis (2/5/2019) mendatang.

"Kelompok tani yang mengikuti bimtek alsintan ini adalah penerima bantuan traktor tangan berkapasitas 6,5 PK merek Quick," ujar Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eli Sulastri, Senin (29/4/2019).

Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eris Firmansyah menambahkan, bantuan traktor bagi kelompok tani ini pembiayaannya berasal dari APBN 2019 Kementerian Pertanian. Masing-masing kelompok tani akan menerima satu unit traktor tangan.

"Jadi sebelum penyerahan alsintan mereka perlu memahami tata cara penggunaan dan pemeliharaan traktor tersebut. Bimtek ini untuk memudahkan penggunaan traktor tangan oleh kelompok tani yang akan membajak sawah," katanya. 

BACA JUGA: Sukabumi Sumbang Rp 33 Miliar dari Ekspor Manggis, Distan: Kita Tambah Luas Kebun

Menurut Eris, kelompok tani yang mengikuti bimtek alsintan ini tidak semuanya sebagai penerima traktor tangan. Sebagian mereka berasal dari Brigade alsintan yang hanya sebagai penerima pinjam pakai traktor dari Dinas Pertanian.

"Bantuan traktor ini biasanya kita gilir. Kalau belum mendapatkan bantuan, kelompok tani bisa pinjam pakai alsintan yang ada di dinas. Inti dari bantuan alsintan kepada kelompok tani itu untuk meningkatkan produksi pertanian mereka," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI