Sukabumi Update

Melihat Lebih Dekat Si Merah Tahan Banjir, Lokomotif Baru KA Pangrango Sukabumi-Bogor

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru saja menambah frekuensi perjalanan Kereta Api Pangrango relasi Sukabumi-Bogor, sebanyak enam perjalanan. Dengan tambahan ini, total rute Bogor-Sukabumi dilayani oleh 12 kali perjalanan.

Tak hanya menambah frekunesi perjalanan, juga diluncurkan dua lokomotif baru yang diklaim pihak PT KAI, cocok digunakan untuk melintasi jalur kereta api Sukabumi-Bogor yang dikenal banyak melalui pegunungan serta relnya rawan terendam banjir.

BACA JUGA: Sekarang Jadwal Perjalanan KA Pangrango Sukabumi - Bogor Lebih Banyak

Lokomotif CC300 dipastikan cocok digunakan untuk jalur rel kereta api yang memiliki banyak tikungan berkelok serta menanjak seperti jalur rel Sukabumi-Bogor tersebut.

Kepala Stasiun Sukabumi, Heru Salam, menuturkan, lokomotif baru tersebut sudah digunakan dan beroperasi di jalur Sukabumi-Bogor sejak beberapa hari yang lalu.

"Sudah satu lokomotif yang digunakan, satunya lagi buat lokomotif cadangan," terangnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (17/5/2019).

BACA JUGA: Tiket KA Pangrango Mudik Lebaran Bisa Dipesan Bulan Mei

Lokomotif tersebut  mampu menerjang jalur rel kereta api yang digenangi oleh air atau banjir. Adapun batas maksimal ketinggian air yang dimiliki oleh lokomotif tersebut adalah 25 sentimeter.

"Lokomotif ini bentuk dan desainnya lebih tinggi, kalau lokomotif biasa cuman bisa menerjang air setinggi 10 sentimeter aja, itu pun sudah kena mesinnya. Kalau lokomotif CC300 ini dijamin lebih kuat," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI