Sukabumi Update

Wow! Pemuda Desa Nagrak Utara Sukabumi Bangun Rumah dari Stick Ice Cream

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Kampung Kancah Nangkub, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, menyulap sampah stick ice cream dan batang korek api menjadi sebuah karya seni yang bernilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Stick ice cream dan batang korek api ditangan Riko Sunarto (23 Tahun) dibuat miniatur bangunan dan patung dengan beragam adegan. Riko mulai menggeluti kerajinan itu dari tahun 2007. Dia mengaku keterampilannya ini berawal dari iseng.

BACA JUGA: Karang Taruna Nagrak Utara Sukabumi Sulap Irigasi jadi Spot Selfie

"Awalnya mencoba membuat figura foto dan jam dinding, kemudian saya mencoba membuat miniatur rumah. Untuk miniatur orang - orangannya dibuat dari batang korek api," kata Riko kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (29/6/2019).

Lantaran hasilnya cukup bagus dan rapi, Riko pun kebanjiran pesanan hingga saat ini. Costumer biasanya meminta miniatur dengan berbagai adegan. Selain itu, Riko juga rutin mengikuti pameran di acara pemerintahan.

BACA JUGA: Kerajinan Bambu Kampung Egrang Sukabumi Bakal Terbang ke Jerman

"Ikut pameran sudah lima kali dari tahun 2012. Untuk pesenan Allhamdulillah sampai sekarang masih ada, untuk harga dari mulai ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kerumitannya," bebernya.

Namun, Riko sangat menyayangkan tidak adanya peran dari pihak pemerintah untuk mengembangkan usahanya. "Ikut pameran sendiri, modal sendiri bahakn pemasaran pun sendiri. Saya berharap ada bantuan dari pemerintah setempat, baik itu desa maupun kecamatan untuk membantu dalam hal pemasaran dan perkenalan ke tingkat daerah," pungkasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI