Sukabumi Update

UPTD PSM Palabuhanratu Sebut Harga Cabai Mahal Karena Musim Kawin

SUKABUMIUPDATE.com - Harga cabai di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada minggu pertama di bulan Juli 2019 kembali mengalami kenaikan harga.

Koordinator UPTD PSM Palabuhanrtu, Asep Setiawan memaparkan, berdasarkan pantauan dari petugas pencatat harga, cabai merah kriting yang sebelumnya Rp 50.000 kini menjadi Rp 60.000 per kilogram. Lalu cabai rawit merah dari Rp 40.000 menjadi Rp 45.000 per kilogram. Sementara bawang putih dari Rp 40.000 menjadi Rp 45.000 per kilogram.  

BACA JUGA: Efek Kemarau Harga Cabai di PSM Palabuhanratu Semakin Pedas

"Harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan akibat faktor cuaca yang panas. Dalam beberapa pekan belum turun hujan sehingga mengakibatkan pasokan dari petani dan distributor terkendala," papar Asep kepada sukabumiupdate.com.

"Selain faktor cuaca panas, kemungkinan juga harga naik karena banyak yang melaksanakan acara pernikahan sehingga daya beli jadi meningkat. Karena meningkat, komoditas tadi jadi naik harganya," sambungnya. 

BACA JUGA: Cabai Merah Kriting dan Besar di PSM Cicurug Sukabumi Naik Rp 4 Ribu

Masih kata Asep, untuk harga sembako lainnya masih terbilang stabil. Seperti beras premium Rp 11.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp 13.000 per liter, minyak goreng curah Rp 11.000 per kilogram, daging ayam Rp 35 ribu per kilogram, daging sapi dan kerbau Rp 120.000 per kilogram, telur ayam Rp 25.000 per kilogram, serta bawang merah Rp 30.000 per kilogram.

"Alhamdulillah sampai hari ini untuk beberapa komoditas juga harganya masih stabil. Ketersediaan barang juga masih lancar dari distributornya," tandas Asep.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI