Sukabumi Update

Ikan Asin dan Dendeng Produksi 4 Pilar Ujunggenteng, Dipasarkan hingga Makassar

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Ujunggenteng di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, bukan hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja. Pantai tersebut juga kaya dengan ragam kuliner berbahan ikan. Salah satunya ikan asin dan dendeng produksi 4 pilar, di Kampung Cipaku RT 11/03, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Produksi ikan asin dan dendeng dilakukan oleh Ende Yanti dan Heni Haryanti. Kemudian pemasaran oleh Yullia Rahman dan Lia Andraeni. Usaha yang dilakoni empat orang ibu ini sudah berjalan hampir dua tahun. Saat ini ikan asin dan dendeng dibuat dari ikan jenis layur. 

BACA JUGA: DPSEDM Dorong Olahan Ikan Ujunggenteng Jadi Oleh-oleh Geopark

Yullia Rahman, mengatakan, selain dijual langsung, pemasaran ikan asin dan dendeng ini dilakukan secara online. Sehingga pemasarannya bisa menjangkau hingga luar Sukabumi seperti Makassar, Jambi, Bekasi, Jakarta, Bogor, Depok, Pekanbaru, Banten, Boyolali dan Banyuwangi.

"Yang pesan rata-rata 2 hingga 3 kilogram dengan harga per pieces Rp 20 ribu dan harga per kilogram Rp 120 ribu," ujar Yullia.

Sementara itu, Ende Yanti mengatakan, produksi ikan asin dan dendeng tergantung dari banyaknya ikan. Kalau ikan sedang melimpah rata-rata bisa memproduksi 50-70 kilogram ikan asin dan dendeng.

BACA JUGA: Pepes Ikan Teri dari Palabuhanratu, Cocoknya Dipanggang Pakai Bara Api

Dendeng dan ikan asin yang diproduksi tak hanya dari jenis ikan layur saja. Sebab bisa juga dari jenis ikan lain.

"Bukan hanya ikan layur saja, kalau ada bahan baku ikan lainnya kami pun produksi, cuma saat ini memang kendala bahan baku juga (terkendala) peralatan berupa freezer (sehingga) saat bahan baku melimpah kami tidak bisa menyetok," pungkasnya.

Untuk pemesanan ikan dendeng dan ikan asin ini bisa di WhatsApp ke nomor 081564863572.

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI