Sukabumi Update

Wow! Jembatan Gantung Situ Gunung Sumbang Rp 4 Miliar ke Kas Negara

SUKABUMIUPDATE.com - Program pemerintah menggenjot pendapatan negara dari sektor wisata alam membuahkan hasil di Kabupaten Sukabumi. Wisata jembatan gantung Situ Gunung Kadudampit mampu menyumbang kas pemerintah hingga Rp 4 miliar per tahunnya, melonjak jauh dari kemampuan situ gunung sebagai objek wisata alam sebelum ada suspension brige yang berkisar diangka Rp 80 hingga Rp 90 juta. 

Hal ini diungkapkan Kepala Resort PTN Situ Gunung Asep Suganda dalam talk show tamu mang koko di kantor redaksi sukabumiupdate.com, jalan Kenari 20, Cikole Kota Sukabumi, Sabtu (28/9/2019). “Angka Rp 4 Miliar lebih ini dari Januari hingga September 2019. Artinya belum angka satu tahun. Tahun pertama Rp 3,4 miliar”

BACA JUGA: Gratis! Ini Penampakan Jembatan Gantung Situ Gunung, Warga: Kalau Beli Tiket Mahal

Hal ini menurut Asep, selama ini hampir 14 tahun sumbangan resort situ gunung diangka dibawah Rp 100 juta setiap tahunnya. Kehadiran fasilitas baru dengan konsep eko wisata yang dikelola oleh pihak ketiga PT Fontis Aquam Vivam (Pronties), memberikan lonjakan pendapatan walaupun secara bertahap kepada negara.

BACA JUGA: Menteri Luhut Singgung Soal Sampah di Situ Gunung Sukabumi

“Memang langsung ke kas negara, tapi objek wisata ini juga menyumpang pendapatan daerah melalui pajak makan minum dan restoran. Angkanya nanti bisa ditanyakan langsung ke PT Pronties,” sambung Asep.

Ia juga menambahkan nilai valuasi pemberdayaan masyarakat sekitar lokasi, bisa dilihat dari banyaknya sektor usaha kecil menengah yang tumbuh pesat setelah jembatan gantung beroperasi. “Mulai dari angkutan wisata, paket wisata, kantong parkir dan keberadaan warung serta usaha pendukung wisata, semuanya dikelolah oleh warga setempat.

BACA JUGA: Bocoran Konsep Jembatan Gantung Situ Gunung Jilid II, Wisata Khusus ke Curug Kembar

“Isu tenaga kerja saya rasa udah clear, karena setahu saya lebih dari 90 persen pekerja di PT Prontis itu dari Sukabumi,” pungkas Asep.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI