Sukabumi Update

Musim Panen Tiba, Cobain Deh Bedanya Mangga Khas Teluk Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Musim buah mangga telah tiba, bagi anda yang ingin berkunjug ke teluk Ciletuh (Kawasan geopark ciletuh palabuhanratu) mampir ke Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Petani mangga sedang panen raya, sehingga harga jual di bawah pohon hanya Rp 5 ribu per kilogramnya.

Tahun ini produksi mangga di Ciwaru memang turun dan hampir terjadi di seluruh sentra di Indonesia sebagai dampak kemarau panjang. “Tapi soal kualitas tetap sama, mangga Ciwaru khas geopark ciletuh beda dengan mangga dari daerah lainnya,” jelas salah seorang petani mangga Ciwaru, Aldi Wibisana pada sukabumiupdate.com, Sabtu (28/9/2019).

BACA JUGA: Manisnya Mangga Khas Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Buruan Lagi Panen!

Sebelum panen raya, harga sempat Rp 13 ribu per kilogram namun saat ini menurut Aldi harga turun hingga Rp 5 ribu untuk kualitas paling rendah. “Kalau rugi sih enggak, harga lima ribu itu masih ekonomis bagi petani, karena memang kualitas kita bagus dan pasar mangga Ciwaru mulai meluas, makin banyak orang yang cari,” sambungnya.

Tahun ini total produksi di sentra mangga Ciwaru hanya 30 ton, berkurang jauh dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 60 ton saat panen raya. “Mangga Ciwaru tahun ini sudah hampir diserap oleh seluruh pasar di Indonesia,” lanjut Aldi.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI