Sukabumi Update

Dinas Pertanian Gembleng Pemuda Sukamaju Teknik Tanam Buah-buahan

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan pemuda Karang Taruna Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi diberikan penyuluhan pertanian tentang teknik cara okulasi dan tempel pohon buah-buahan.

Kordinator Dinas Pertanian wilayah Palabuhanratu Suparman mengatakan, Desa Sukamaju sudah terkenal menjadi salah satu sentra penghasil buah durian yang unggul di Kabupaten Sukabumi, untuk itu kegiatan tersebut diharapkan kedepan akan mampu meningkatkan jumlah buah durian, yang dihasilkan petani dengan kualitas unggul.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Persiapkan 6.000 Tangkai Bunga Jelang Hut Kabupaten Sukabumi

"Kita sudah ketahui Desa Sukamaju ini terkenal dengan potensi buah durian, kemarin saja dengan adanya festival durian yang begitu wah mampu menyedot perhatian semua kalangan pencinta durian, nah pemberdayaan pohon durian ini tentunya sangat penting," ujarnya, Senin (30/9/2019).

Menurut Suparman, Desa Sukamaju merupakan penyangga Unesco Global Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, maka dari itu para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa harus mempersiapkan pemberdayaan pohon durian kedepan.

"Ya sistem okulasi dan tempel ini untuk mempertahankan sifat unggul dari durian itu sendiri, makanya penyediaan bibit durian unggul harus menjadi perhatian," tandasnya.

BACA JUGA: Upaya Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Hadapai Musim Kemarau

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Sukamaju Usman Abdul Faqih mengatakan, kegiatan yang diadakan tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman terhadap para pemuda menjadi pelopor pengembangan bibit pohon durian yang unggul.

"Tentunya ini sangat bermnfaat, kedepan para pemuda ini bisa menjadi pemasok bibit durian unggul kepada desa lain dan menjadi pelopor pengembangan pohon durian di Desa Sukamaju khususnya," singkat Usman.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI