Sukabumi Update

Penyaluran BPNT di Waluran Sukabumi, Saldo Milik Puluhan KPM Kosong

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa beras premium kepada desa di Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Senin (21/10/2019).

TKSK Waluran, Dede Darussalam, mengatakan BPNT untuk bulan Oktober ini untuk 2.327 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun jumlah beras yang disalurkan 23.270 Kilogram untuk enam desa yaitu Desa Waluran, Desa Sukamukti, Desa Mangunjaya, Desa Waluran Mandiri, Desa Mekarmukti dan Desa Caringinnunggal. Dari enam desa ini, lima desa sedang berjalan penyalurannya, sedangkan di Desa Caringinnunggal belum berjalan.

BACA JUGA: Penyaluran BPNT, TKSK Waluran Sukabumi Usulkan Penambahan KPM

Dede menjelaskan, untuk penyaluran saat ini ditemukan saldo milik puluhan KPM yang kosong. "Banyak saldo yang tidak terisi di bulan Oktober ini, kebanyakan yang kosong merupakan KPM tambahan. Kemungkinan saldo kosong karena belum di top up oleh pihak bank, NIK belum elektronik dan kemungkinan KPM tersebut terblokir di Basis Data Terpadu (BDT)," jelasnya.

Menurut dia, dari data sementara yang belum terisi saldonya itu sebanyak 84 KPM di Desa Mekarmukti dan Sukamukti. "Hal ini sudah kami laporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi tinggal menunggu data bayar dari pihak bank untuk mensinkronkan data," pungkasnya.

BACA JUGA: Penyaluran BPNT Di Tegalbuleud Sukabumi Terkendala Mesin ATM

Sementara itu, Puskesos Desa Mekarmukti, Sastra Adi Wiguna, menjelaskan di Desa Mekarmukti terdapat 400 KPM yang terima BPNT dengan jumlah beras 4 ton. Menurut Sastra ditemukan puluhan saldo milik KPM di Desa Mekarmukti yang kosang. "Bulan ini banyak saldo yang belum terisi sekitar 53 KPM," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI