Sukabumi Update

Situ Zen Sukabumi Sedang Diperbaiki, Sebulan Lagi Selesai

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata Situ Zen di Kampung Cisitu RT 16/06 Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi sedang dalam tahap perbaikan.

BACA JUGA: Latihan Gabungan Pramuka se Kecamatan Caringin Restocking Ikan di Situ Zen

Perbaikan dilakukan karena terjadi rembesan di sekitar pintu air. Akibatnya, air tak mengalir pada alurnya, tapi pada lubang rembesan.

"Kalo terjadi jebol sih enggak mungkin, kan tanggulnya tebal, hampir 25 meter. Itu hanya karena rembesan. Kalau rembesan itu dibiarkan nanti keluarnya air bukan dari pintu air malah dari lubang rembesan itu," ucap pelaksana perbaikan Situ Zen, Rudi (42 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Senin (28/10/2019).

BACA JUGA: Go Farm Kids, Upaya Situ Zen Sukabumi Ciptakan Petani Masa Depan Indonesia

Rudi mengulas, rembesan air mulai terlihat kurang lebih satu bulan ke belakang, saat petugas melakukan pemeriksaan rutin. Saat mengetahui ada banyak rembesan, petugas langsung membuka pintu air.

"Ternyata setelah dibuka pintu air banyak kepiting di lubang rembesan itu. Setelah tahu seperti itu saya lapor pak haji," jelas Rudi. 

BACA JUGA: Video: Konservasi dan Restocking Ikan, Sukabumi Update di Situ Zen

Masih kata Rudi, air di Situ Zen tidak seluruhnya dibuat surut. Masih ada kubangan-kubangan untuk ikan yang masih ada. Proses perbaikan kini sudah mencapai 50 persen. Diperkirakan perbaikan selesai sekitar satu bulan kedepan.

"Sekitar 500 kilogram ikan masih ada di situ. Sekitar satu bulan lagi bisa dibuka kembali seperti kemarin. Untuk saat ini aktivitas wisata atau memancing sementara diberhentikan dulu," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI