Sukabumi Update

Belajar dari Internet, Pemuda Cisolok Sukabumi Buat Perabotan dari Bambu

SUKABUMIUPDATE.com - Bermodalkan internet, Doni Sutiandi (20 tahun) belajar membuat perabotan yaitu gelas, teko dan nampan dari bambu. Butuh waktu yang tak sebentar hingga barang-barang buatan pemuda Kampung Pasir Talaga RT 03/05, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ini laku dijual dengan harga yang lumayan.

Meskipun tinggal di perkampungan, namun dalam cara pemasarannya, Doni memanfaatkan media sosial. Tak sekedar pajangan, barang-barang yang dibuat Doni ini berfungsi sebagaimana perabotan pada umumnya.

BACA JUGA: Pelatihan Anyaman Bambu, Cara DPESDM Sukabumi Gerakan Ekonomi Rakyat

"Saya sudah menjual selain ke Palabuhanratu, Cibeureum Kota Sukabumi juga pernah, Alhamdulillah saat ini pun kalau pesanan ada tapi tidak banyak karena masih terbatas alat pembuatannya," ujar Doni kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/12/2019).

Doni menggeluti kerajinan tangan ini sejak tiga bulan yang lalu. Idenya berawal saat berkunjung ke objek wisata alam Talagabodas, ditempat itu ada sajian kopi tapi tidak ada gelasnya.

BACA JUGA: Kreatifitas Asep, Warga Cidadap Sukabumi Buat Miniatur Rumah dan Kapal dari Bambu

Pulang dari sana, terbesit dalam pikirannya membuat wadah yang mudah dibawa tapi dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitarnya hingga iseng membuat gelas dari bambu.

Dari iseng, Doni pun mulai menekuni pembuatan barang-barang dari bambu dengan modal pisau dan golok. Harapannya, barang yang dibuatnya laku dijual.

BACA JUGA: Lukisan Bambu Hitam Karya Warga Cikembar Sukabumi Tembus China dan Jerman

 

"Karena berawal dari iseng dan coba-coba hasilnya memang saat itu kurang bagus. Saya terus belajar melihat di internet, bagaimana caranya (agar barang yang dihasilkan menarik) di pernis. Kemudian mengupload (Barang yang sudah jadi) di media sosial, eh ada yang tawar dan laku dijual," jelasnya.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, Doni tak tergiur meninggalkan kampung halamannya untuk mencari pekerjaan. Adapun barang-barang tersebut dijual sesuai tingkat kerumitan.

BACA JUGA: Usaha Anyaman Bambu Warga Cikembar Sukabumi Bertahan di Tengah Perabot Serba Plastik

 

"Untuk harga tergantung pesanan, rata-rata Rp 200 - Rp 250 ribu satu set terdiri dari gelas lima buah, teko dan baki. Sesuai ukuran dan kerumitannya. Kalau mau pesan bisa datang langsung ke rumah bisa juga  menghubungi nomor 085524560948," tukasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI