Sukabumi Update

Durian Montong Asal Sukabumi Ini Tersebar di Tiga Kecamatan, Cek Lokasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama ini warga Sukabumi dihebohkan dengan durian montong jumbo yang beratnya mencapai 6 kilogram dan yang paling besar bobotnya 8 kilogram.

BACA JUGA: Beratnya 8 Kg, Durian Montong Asal Sukabumi ini Dibanderol Rp 480 Ribu

Durian tersebut ditemukan di lapak milik Asep (40 tahun), yang ada di pinggir jalan Cidahu, tepatnya di Kampung Pasirdoton, Deda Pondokkaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Sukabumiupdate.com mencoba menelusuri dari mana durian tersebut berasal. Penelusuran terhenti di salah seorang tengkulak buah asal Kampung Pasirhaur, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi bernama Sulaeman.

Sulaeman menunjukan durian montong asal Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Syahrul Himawan

Ia menyebutkan, perkebunan durian montong yang berasal dari Sukabumi tersebar di tiga kecamatan. Yakni di Kecamatan Bojonggenteng, Kalapanunggal dan Cikidang. Rata-rata pohon yang ditanam sudah berusia 15 tahun.

"Di Bojonggenteng, khususnya di Desa Bojonggaling, ada sekitar 100 pohon durian montong. Durian yang dihasilkan dari satu pohon bisa beratnya bisa mencapai 11-12 kilogram per buah. Tapi kalau yang paling banyak tumbuh itu ada di Cikidang. Banyak didistribusikan ke daerah Bogor dan Jakarta," kata Sulaeman kepada sukabumiupdate.com, Kamis (30/1/2020).

BACA JUGA: Durian Gandaria Cikakak Sukabumi, Buah Langka Harganya Bikin Elus Dada

Lanjut Sulaeman, durian montong ini terkenal legit dan mahal harganya. Harga yang mahal itu lantaran ukuran durian montong yang cukup besar dan rasanya yang khas. Terlebih, untuk mendapatkan buah durian montong yang maksimal, perlu perlu perawatan khusus pada pohonnya.

"Yang membuat buah tersebut bernilai tinggi karena rasanya, dan ukurannya yang besar. Namun untuk menghasilkan buah dagingnya yang maksimal itu perawatannya harus baik," ucapnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI