Sukabumi Update

Peta Pengangguran di Kota Sukabumi, Adu Data BPS dan Disnaker

SUKABUMIUPDATE.com - Badan pusat statistik (BPS) Kota Sukabumi menyebut, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kota Sukabumi pada tahun 2019 mencapi 8,44 persen. Jumlah itu, didapat dari jumlah angkatan kerja warga Kota Sukabumi. 

"Di tahun 2019, TPT Kota 8,44 persen," ungkap Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kota Sukabumi, Agus Sugiharto saat diwawancarai, Rabu (26/2/2020).

BACA JUGA: Ada 5.000 Pencaker di Kota Sukabumi, 60 Persen Lulusan S1

Menurut Agus, jumlah angkatan kerja yang dimaksud adalah para penduduk yang pada usia produktif atau lebih. "Angkatan kerja itu, usia antara 15 tahun atau lebih yang bekerja, atau sudah bekerja tetapi tidak bekerja dan bekerja," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi, Didin Syarifudin tak menampik di Kota Sukabumi masih ada masyarakat yang menganggur.

"Jumlah pengangguran di Kota Sukabumi tahun 2019 sebanyak 16.076 orang atau 6,82 persen dari jumlah penduduk," terang Didin. 

BACA JUGA: Lagi Pencaker Asal Sukabumi Kena Tipu, Korbannya 20? Ada yang Bayar Rp 1,5 Juta

Kendati demikian, lanjut Didin, dirinya akan berupaya untuk menurunkan angka pengangguran itu di tahun 2020 dengan melakukan berbagai macam kegiatan dan pelatihan. Bahkan, ia mengaku akan melakukan perluasan kesempatan kerja dan melakukan penanggulangan pengangguran.

"Informasi lapangan kerja kita buka. Pelatihan-pelatikan kita lakukan juga, seperti pelatihan budi daya ikan, pengelasan, tata boga dan pelatihan keahlian lainnya," tandasnya.

BACA JUGA: Pencaker di Job Fair Kota Sukabumi Kecewa, Sedikit Perusahaan Terima Fresh Graduate

Berdasarkan data Disnakertrans Kota Sukabumi, jumlah pencari kerja tahun 2019 berjumlah 5.312 orang dengan rincian 2.570 laki-laki dan 2.742 orang wanita. Dari jumlah tersebut, 5.239 diantaranya sudah mendapat penempatan kerja, sementara 73 sisanya belum ditempatkan.

Sementara berdasarkan tingkat pendidikan, jumlah pencari kerja terbanyak ada di jenjang SMA sederajat dengan jumlah 3.900 orang. Disusul jenjang pendidikan SMP sederajat sebanyak 591 orang. Berikutnya tingkat sarjana sebanyak 464 orang dan tingkat DI, DII dan DIII sebanyak 240 orang.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI