Sukabumi Update

Di Rumah Aja Tapi Menghasilkan, Warga Nangerang Sukabumi Beralih dari Tahu ke Oncom 

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah menghimbau warganya agar diam di rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Namun di rumah bukan berarti tak bisa produktifitas. 

Seperti yang dilakukan Dedi Wijaya (45 tahun) warga Kampung Cibeletong RT 18/03, Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Karena tidak bisa menjual tahu keliling, sekarang Dedi memproduksi oncom di rumahnya.

BACA JUGA: Tips Agar Tetap Produktif Bekerja dan Belajar Meski Di Rumah Aja

"Awalnya berkeliling jualan tahu, sekarang membuat oncom merah di rumah," ujar Dedi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/4/2020).

Oncom yang diproduksi Dedi Wijaya (45 tahun) warga Kampung Cibeletong RT 18/03, Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. 

Seperti oncom-oncom pada umumnya, Dedi menggunakan bahan baku kacang kedelai dan singkong. Untuk proses pembuatannya memakan waktu sampai tiga hari, mulai bikin adonan, diperas, disaring lantas dikukus setelah dingin dicetak kemudian disimpan pada sasag (rak bambu).

BACA JUGA: Bisa Dicoba, 5 Aktivitas Produktif Saat Jalani Physical Distancing di Rumah

Usaha pembuatan oncom yang dijalankan Dedi, sudah berjalan sekitar dua minggu. "Ada sekitar dua minggu, mencoba memproduksi oncom, sambil diam di rumah namun tetap bisa bekerja dan menghasilkan," jelasnya.

Dedi menambahkan, oncom merah yang dibuatnya kemudian dijual oleh pedagang sayuran keliling, maupun pedagang tahu. "Sekali produksi menghasilkan 16 potong oncom. Alhamdulillah, kendati omset  kecil namun lancar," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI