Sukabumi Update

Kelapa Muda Cungap Merah Jampang Kulon Sukabumi, Harganya Naik Dua Kali Lipat

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki bulan ramadan, kelapa muda atau dawegan jenis kelapa cungap merah di Wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi harganya melonjak sampai dua kali lipat.

"Di petani satu butir sudah mencapai Rp 3.500. Sebelum memasuki bulan puasa masih bisa Rp 2.500 hingga Rp 3.000 per butir," ujar pengepul Kelapa Cungap Merah asal Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Asep Rian (25 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Minggu (26/4/2020).

BACA JUGA: Ramadan, Pedagang Kelapa Muda di Waluran Sukabumi Banjir Permintaan dari Luar Kota

Masih kata Asep Rian, jenis Kelapa Muda Cungap Merah tersebut memang sangat diminati. Namun sayang kelapa tersebut sangat langka dan jumlahnya terbatas. 

Apalagi, lanjutnya, permintaan dari kawasan perkotaan Sukabumi hingga Bogor cukup meningkat. Kini, di tangan pengepul harga Kelapa Muda Cungap Merah per butir bisa sampai Rp 5.000.

"Paling bisa bawa Kelapa Muda Cungap Merah ke kota hanya ratusan butir saja, itu pun sekalian bawa kelapa muda biasa," pungkasnya

BACA JUGA: Menikmati Pemandangan Geopark Ciletuh sambil Meneguk Es Kelapa Muda di Panenjoan

Sementara itu, Wildan Fauzi warga Kecamatan Cimanggu yang berjualan Kelapa Muda Cungap Merah di Jalan Pasir Ulis Jampang Kulon mengatakan, jenis kelapa tersebut cukup laris dan lumayan harganya jauh dibandingkan dengan kelapa muda biasa. Apalagi di bulan ramadan ini.

"Dijual eceran per butir Rp 7.000. Mungkin kalau di kota bisa lebih harganya. Saya langsung dipetik dari pohon kelapa milik pribadi di Kampung Ciranjang Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu, " pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI