Sukabumi Update

Terbengkalai Setahun, Irigasi Cikarangesan Sukabumi Bakal Diperbaiki Tahun Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Petani di Kecamatan Jampangkulon dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi berharap pemerintah untuk segera memperbaiki saluran irigasi Cikarangesan, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. 

"Sudah hampir setahun lebih, saluran irigasi Cikarangesan ambruk," ucap Saepudin (43 tahun) salah seorang petani asal Kampung Ciranjang Sawah RT 01/05 Desa Karang Mekar, Kecamatan Cimanggu, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/7/2020).

BACA JUGA: Irigasi Cipancur Surade Sukabumi Berbusa, Diduga Tercemar Racun?

Masih kata Saepudin, saluran irigasi tersebut memenuhi kebutuhan air ratusan hektare sawah di dua kecamatan. Saluran irigasi itu sendiri berada di pinggir jalan kabupaten ruas Lengkong - Jampang Kulon, Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu.

"Kalau tak kunjung ada perbaikan, sekitar 300 hektare sawah petani di Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Jampangkulon terancam kekeringan," katanya lagi.

BACA JUGA: Warga Gotong Royong Perbaiki Irigasi Tertimbun Longsor di Caringinnunggal Sukabumi

Sementara itu UPTD Pekerjaan Umum Wilayah VI Jampang Kulon, Dayat Abdurrahman menyebutkan, saluran irigasi Cikarangesan merupakan kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian.

"Kami sudah melaporkan adanya beberapa titik saluran irigasi Cikarangesan yang ambrol setahun yang lalu karena bencana alam. Namun dari informasi yang kami peroleh bahwa irigasi tersebut akan diperbaiki tahun ini, anggaran dari pusat tahun 2020," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI