Sukabumi Update

Pandemi Covid-19, Ibu-ibu di Cisolok Sukabumi Dilatih Cara Membuat Sabun Cuci

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai cara, kreasi dan inovasi dilakukan orang untuk tetap menjalankan roda perekonomian di tengah wabah corona atau Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Sukabumi.

Salah satu kreasi dan inovasi itu terlihat dari tangan-tangan cekatan kaum ibu di Kampung Cigoler, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi dalam memproduksi sabun cuci piring, deterjen cair, sampai sabun pencuci tangan.

Para ibu tersebut didampingi oleh Relawan Rumah Zakat. Para pegiat sosial ini kurang lebih sudah tiga bulan memberdayakan ibu-ibu di Kampung Cigoler Cisolok dalam memproduksi sabun, dengan racikan bahan baku buatan sendiri.

"Dampak dari wabah Corona ini, banyak suami dari ibu-ibu yang dirumahkan dari kerjaanya, sehingga penghasilannya berkurang. Kita berinisiatif memberdayakan ibu-ibu agar bisa membantu penghidupan keluarganya," ujarnya salah satu Relawan Rumah Zakat, Nanan kepada sukabumiupdate.com, Kamis (27/10/2020).

BACA JUGA: Tak Tahu Cara Akses BPUM, Testimoni Pengrajin Tiktak Kencur di Surade Sukabumi

Nanan menjelaskan, ibu-ibu binaannya dari Kampung Cigoler, Desa Cisolok merupakan perwakilan 7 RW dan 26 RT. Sejak tiga bulan memproduksi sabun cuci piring, deterjen dan sabun cuci tangan, sudah ratusan botol ukuran 600 mili yang berhasil dijual seharga Rp 8.000 per botol.

"Untuk penjualannya masih di sekitar sini, jejaring reseller dan online juga bekerja sama dengan BUMDes kecamatan. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi dalam upaya membantu perekonomian para ibu-ibu yang terdampak pandemi, khususnya warga Desa Cisolok dan sekitarnya," pungkas Nanan.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI