Sukabumi Update

Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 yang Terinspirasi dari Badak Jawa

SUKABUMIUPDATE.com - FIFA secara resmi memperkenalkan maskot Piala Dunia U-20, Bacuya yang terinspirasi dari satwa endemik Indonesia yaitu Badak Jawa bercula satu.

Bacuya (Badak Cula Cahaya) digambarkan memakai jersey Timnas Indonesia berwarna merah putih dengan nomor punggung 23. Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023 mendatang.

Sebelumnya, FIFA juga sudah memperkenalkan logo Piala Dunia U-20 pada 17 Agustus 2022 yang didominasi warna merah serta ada warna putih, biru serta kuning yang membentuk trofi Piala Dunia U-20.

Baca Juga :

Sementara itu mengutip dari laman resmi PSSI, induk sepakbola Indonesia itu bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga resmi meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 tahun 2023 Bacuya di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022).

photoLogo Piala Dunia U-20 2023 - (Instagram/@fifaworlcup)</span

"Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 2023 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023, terima kasih," kata Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, perwakilan FIFA , Jaime Yarza mengatakan jika Piala Dunia U20 2023 ini merupakan kompetisi resmi FIFA pertama yang digelar di Indonesia.

"Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini," katanya.

Baca Juga :

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI