Sukabumi Update

Gagal ke Piala Asia, Ini Posisi Timnas Indonesia U-17 di Klasemen Runner-up Terbaik

SUKABUMIUPDATE.com - Secara mengejutkan Timnas Indonesia U-17 gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 setelah gagal menjadi juara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Padahal di awa kompetisi anak asuh Bima Sakti ini tampil trengginas dengan meraih tiga kemenangan beruntun.

Lebih parah, Timnas Indonesia U-17 gagal melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023 hanya gara-gara kalah selisih satu gol dari Laos dalam klasemen runner-up terbaik.

Melansir dari Suara.com, Timnas Indonesia U-17 mengakhiri Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sebagai runner-up setelah di matchday terakhir kalah 1-5 dari Malaysia, Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Baca Juga :

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-17 terperosok dalam perebutan tiket lewat jalur runner-up terbaik. Namun, tim asuhan Bima Sakti pada akhirnya cuma finis ketujuh dan dipastikan gagal lolos.

Sebagai informasi, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memiliki aturan tersendiri untuk menentukan posisi tim dalam klasemen runner-up terbaik.

Hanya laga-laga di tiga besar klasemen masing-masing grup yang masuk hitungan.

Aturan itu diterapkan lantaran pembagian jumlah peserta dalam masing-masing grup dari A hingga J yang tidak merata. Grup A hingga D berisi lima tim, grup E, F, G, dan I berisi empat tim, serta Grup H dan J cuma tiga tim lantaran Timor Leste dan Sri Lanka memilih mundur.

Situasi itu membuat hitung-hitungan poin dan selisih gol dalam klasemen runner-up terbaik jadi sulit tertebak dan baru bisa diakumulasi setelah seluruh laga di fase grup rampung.

photoKlasemen Runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023 - (Wikipedia/AFC)</span

Merujuk aturan AFC, laga Timnas Indonesia U-17 yang masuk hitungan klasemen runner-up terbaik hanyalah pertandingan kontra Malaysia dan Uni Emirat Arab (UEA) selaku tim tiga besar Grup B.

Timnas Indonesia U-17 menang 3-2 atas UEA dan kalah 1-5 dari Malaysia. Hasil itu bikin Garuda Asia cuma mengumpulkan tiga poin dengan selisih gol -3.

Sementara kemenangan telak 14-0 atas Guam dan 2-0 atas Palestina tidak masuk hitungan lantaran dua tim itu cuma finis di luar tiga besar.

Dengan koleksi tiga poin dan selisih gol -3, Timnas Indonesia U-17 pada akhirnya hanya finis ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik.

Kegagalan Timnas Indonesia U-17 melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023 semakin terasa menyesakkan mengingat statistik mereka kalah bagus dari Laos.

Baca Juga :

Laos berhasil menyusul tiga tim negara Asia Tenggara lainnya yakni Vietnam, Malaysia dan Thailand ke Piala Asia U-17 2023 setelah finis di peringkat enam klasemen runner-up terbaik.

Seperti Indonesia, Laos mengumpulkan tiga poin tetapi unggul secara jumlah selisih gol yakni -2 berbanding -3 milik Garuda Asia. Artinya, Laos lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 hanya karena unggul satu gol dari tim Merah Putih.

Selain Laos, lima tim lain yang berhak lolos ke Piala Asia U-17 2023 lewat jalur runner-up terbaik adalah Korea Selatan, China, Afghanistan, India dan Thailand. Semuanya memiliki poin sama, 3, tetapi punya jumlah selisih gol lebih superior dari Indonesia.

Berikut tim yang berhasil lolos sebagai runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

 

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI