Sukabumi Update

Wajib Steril, Inilah 6 Stadion Venue Piala Dunia U-20 di Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Piala Dunia U-20 Indonesia sebentar lagi akan segera digelar pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023 mendatang. Pemerintah melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan jika semua stadion termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), hanya bisa digunakan Piala Dunia U-20 saja.


Pernyataan tegas Menpora itu mengancam nasib konser BLACKPINK yang akan diselenggarakan pada Maret 2023 di SUGBK. Pasalnya gelaran Piala Dunia U-20 akan digelar pada 20 Mei 2023 hingga 11 Juni 2023.


Sebelumnya Menpora telah menyebut enam stadion venue Piala Dunia U-20 yang akan dijaga penggunaanya mulai Januari 2023 untuk menjaga kualitas stadion. Mengutip dari Suara.com, keenam stadion itu tak boleh lagi digunakan untuk kegiatan selain sepakbola.


1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)


Menpora menyatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak boleh digunakan untuk konser dan kegiatan lainnya kecuali Piala Dunia U-20. Ia juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait masa renovasi SUGBK. 


Zainudin memastikan jika sudah memasuki tahap renovasi maka stadion itu sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun termasuk konser dan pertandingan tim nasional. Kebijakan serupa pun berlaku untuk lima stadion utama lainnya yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. 


2. Stadion Gelora Sriwijaya


Selain SUGBK, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumsel juga masuk dalam daftar stadion venue Piala Dunia U-20. Renovasi stadion itu pun kabarnya terus dikebut. Bahkan berbagai fasilitas mulai dari rumput, lighting, tribun penonton dan lainnya direnovasi sesuai standar FIFA.


3. Stadion Si Jalak Harupat


Jelang Piala Dunia U-20, sejumlah fasilitas di Stadion Si Jalak Harupat (SJH) yang berada di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pun disebut akan segera direnovasi. Kabarnya pada Januari 2023, seluruh stadion akan dicat ulang. Renovasi yang dilakukan Dispora Kabupaten Bandung terhadap SJH merupakan rekomendasi dari FIFA.


4. Stadion Manahan


Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan Stadion Manahan dirawat untuk Piala Dunia U-20. Ia pun sudah ngobrol dengan Menpora terkait hal tersebut. Menpora sendiri menilai Stadion Manahan Solo yang akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tidak perlu diaudit karena fasilitasnya sudah memenuhi standar. 


5. Stadion Gelora Bung Tomo


Delegasi FIFA telah meninjau langsung Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, jelang Piala Dunia U-20. Hasilnya, kondisi rumput Stadion GBT menjadi sorotan karena kualitasnya belum sesuai dengan standar FIFA. Disebutkan bahwa perbaikan rumput yang ada akan dilakukan hingga bulan Januari 2023 mendatang.


6. Stadion Kapten I Wayan Dipta


Stadion Kapten I Wayan Dipta telah melakukan sejumlah renovasi agar sesuai dengan standar yang diminta oleh FIFA sebagai venue Piala Dunia U-20. Disebutkan bahwa berbagai fasilitas modern dan berstandar dunia sudah lengkap tersedia di arena kebanggaan masyarakat Bali tersebut. Berbagai fasilitas itu pun membuat Stadion Dipta layak menggelar pertandingan bergengsi di Piala Dunia U-20 mendatang.


Sumber: Suara.com (Trias Rohmadoni)


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah




Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI