Sukabumi Update

5 Fakta Menarik Trofi Piala Dunia, Ada Ukiran Kepulauan Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Turnamen sepakbola terbesar di dunia yakni Piala Dunia FIFA (FIFA World Cup) akan segera digelar pada 20 November 2022. Turnamen sepak bola empat tahunan paling bergengsi ini diikuti oleh sebanyak 32 negara yang akan memperebutkan gelar juara dunia dan membawa pulang trofi berlapis emas 18 karat itu. 

Dilansir dari Al Jazeera via Tempo.co, trofi Piala Dunia berukuran tinggi 37 centimeter (14 inci) dan beratnya lebih dari 6 kilogram (13 pon). Meski harganya sekitar $ 50.000 pada saat pembuatannya, saat ini diperkirakan bernilai sekitar $ 20 juta.

Selain itu ada beberapa fakta menarik seputar trofi Piala Dunia yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya.

Berikut fakta menarik trofi Piala Dunia, salah satunya ada ukiran Kepulauan Indonesia.

1. Diukir oleh Seniman Italia, Silvio Gazzaniga 

Trofi Piala Dunia 1930-1970 mulanya menggunakan trofi buatan Jules Rimet. Trofi itu kemudian didesain ulang oleh seniman asal Italia, Silvio Gazzaniga, pada 1971.

Trofi desain terbaru yang diberikan kepada pemenang Piala Dunia 1974 hingga sekarang itu dinamai Jules Rimet Trophy. Penamaan tersebut untuk menghormati Rimet, yang telah mempelopori Piala Dunia pertama.

2. Trofi yang asli jadi milik FIFA 

Dikutip dari Olympics, peraturan terbaru FIFA menyatakan bahwa trofi Piala Dunia yang asli tetap menjadi kepemilikan FIFA dan diamankan di markas Zurich.

Sebagai gantinya, negara pemenang Piala Dunia dapat membawa pulang trofi replikasi yang terbuat dari perunggu berlapis emas. Tofi yang asli hanya digunakan untuk acara seremonial dan tidak sembarang orang bisa menyentuh trofi Piala Dunia yang asli.

3. Trofi sempat dua kali dicuri 

Sejak kompetisi Piala Dunia dimulai pada 1930, dua trofi telah digunakan. Yang pertama disebut Trofi Jules Rimet (1930-1970) dan trofi Piala Dunia FIFA saat ini (1974-sekarang). Trofi Jules Rimet pernah dicuri sebanyak dua kali.

Trofi itu dicuri pada 20 Maret 1966 saat pameran publik di Westminster Central Hall di London, tepatnya empat bulan sebelum Piala Dunia FIFA 1966 di Inggris. Aksi pencurian kedua terjadi di Brasil pada 1983, mengutip Pulse Sports.

4. Baru ada delapan negara yang memenangkan trofi

Mengutip situs resmi FIFA, sepanjang sejarah perhelatan Piala Dunia, sudah ada delapan negara yang memenangkannya. Negara tersebut adalah Brasil, Italia, Jerman, Prancis, Uruguay, Argentina, Spanyol, dan Inggris. Itu artinya negara tersebut telah mengangkat trofi Piala Dunia untuk digondol ke negaranya meski berwujud replika.

5. Ada Ukiran Kepulauan Indonesia 

Trofi Piala Dunia garapan Gazzaniga menggambarkan dua sosok manusia atau berwujud Dewi Nike yang sedang memanggul bola dunia di atas kepala mereka. Menariknya, ada ukiran peta kepulauan Indonesia yang terlihat jelas tepat di atas kepala Dewi Nike–Dewi Kemenangan Yunani–yang sedang memegang bola dunia itu.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co/Haris Setyawan

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI