Sukabumi Update

Kalahkan Vietnam di Final Thailand Juara Piala AFF 2022, Jadi Peraih Gelar Terbanyak

Thailand sukses mengunci gelar Juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam di Final dengan agregat gol 3-2 | Foto: Instagram/@fathailandofficial

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Thailand mengokohkan diri sebagai peraih juara Piala AFF terbanyak setelah sukses menjadi Juara Piala AFF 2022.

Hal itu diraih setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di leg kedua final yang berlangsung di Stadion Thammasat, Senin, 16 Januari 2023.

Hasil itu membuat tim asuhan Alexandre Polking menang agregat gol 3-2, menyusul hasil imbang di leg pertama 2-2 di kandang Vietnam, Jumat lalu.

Baca Juga: Calon Juara! Ini Dampak Positif Hadirnya Luis Milla di Persib Bandung

Melansir dari Tempo.co, gol tunggal Theerathon Bunhathan pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan. Dia berhasil menjebol gawang yang dikawal Dang Van Lam setelah memanfaatkan assist dari Adisak Kraisorn.

Di laga ini, pelatih Polking memasang duet Poramet Arjvirai dan Kraisorn di lini depan. Penyerang andalan mereka Teerasil Dangda kembali jadi pemain cadangan.

Seperti komentarnya menjelang pertandingan leg kedua final, Polking tetap menginstruksikan timnya bermain agresif meski mereka bisa memiliki keuntungan unggul dua gol tandang.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

Dengan kemenangan ini, Thailand berhasil mempertahankan gelar juara Piala AFF, sekaligus memperpanjang rekor sebagai tim paling banyak menjadi juara di kejuaraan level Asia Tenggara ini. Gelar juara Piala AFF 2022 ini adalah kali ketujuh bagi mereka.

Keberhasilan ini juga membuat Alexandre Polking menjadi pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala AFF sejak Kiatisuk Senamuang membawa Thailand juara beruntun pada 2014 dan 2016.

Sementara, kekalahan Vietnam ini membuat ambisi Park Hang-seo untuk bisa mempersembahkan gelar kedua Piala AFF untuk tim asuhannya setelah 2018, gagal diwujudkan.

Baca Juga: Jadwal Tayang Preman Pensiun 8, Simak Info Terbarunya Langsung dari Sang Sutradara

Duel final Piala AFF 2022 leg kedua ini menjadi pertandingan terakhir bagi pelatih asal Korea Selatan ini yang habis kontraknya akhir Januari ini.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT