Sukabumi Update

Erick Thohir Larang Seluruh Kegiatan di SUGBK, Termasuk Laga Persija vs Persib

Erick Thohir Larang Seluruh Kegiatan di SUGBK, Termasuk Laga Persija vs Persib. | (Sumber : pssi.org.)

SUKABUMIUPDATE.com - Erick Thohir secara tegas menyatakan tidak boleh ada lagi acara yang digelar sebelum Piala Dunia U-20 2023. Hal itu Erick lakukan sebagai upaya turnamen dua tahunan itu dapat berlangsung lancar.

Dengan kata lain, laga tunda Persija Jakarta vs Persib Bandung tidak bisa digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Sebelumnya, Persija Jakarta mengajukan SUGBK untuk laga tunda melawan Persib Bandung pada 31 Maret 2023 mendatang.

Namun, keinginan Persija menggelar laga di SUGBK harus pupus setelah mendapat larangan dari Erick Thohir. Pernyataan itu Erick Thohir ungkapkan setelah meninjau lapangan SUGBK seusai menggelar konser musik Blackpink.

Baca Juga: Pemuda Tewas Jatuh ke Jurang di Bukit Panenjoan Sukabumi

Erick Thohir saat mengecek rumput SUGBK. | pssi.orgErick Thohir saat mengecek rumput SUGBK. | pssi.org.

"Ini kondisi yang kritis (karena GBK) merupakan mega lapangan di Indonesia yang sangat penting untuk Piala Dunia," ujar Erick kepada awak media di SUGBK pada Senin, 13 Maret 2023, seperti dikutip via Tempo.co.

"Di sini akan ada pembukaan dan juga hal-hal berkaitan lainnya. Jadi, saya harus ambil posisi tidak ada acara lagi di GBK, baik itu olahraga ataupun kesenian," kata Erick menambahkan.

Sebelumnya, terdapat dua konser musik yang diadakan di Stadion GBK, yaitu konser penyanyi Raisa pada 25 Februari 2023 dan konser girlband asal Korea Selatan Blackpink pada 11 dan 12 Maret 2023.

Erick baru saja meninjau kondisi SUGBK dan tidak ada masalah serius yang ditemukan. Hanya, kualitas rumput harus ditingkatkan setelah dipakai untuk dua konser musik tersebut. Proses stitching atau menjahit rumput sintetis dan dimasukkan ke dalam rumput asli pun akan dilakukan guna memperbaiki kerusakan rumput SUGBK dan lima stadion lainnya.

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

Kunjungan ke SUGBK mengakhiri rangkaian peninjauan awal Erick sejak Sabtu, 11 Maret 2023, sebelum proses audit ulang oleh FIFA untuk mengecek kelayakan enam stadion Piala Dunia U-20 2023. Proses audit tersebut akan dilakukan pada 21-27 Maret 2023. Jika terdapat stadion yang tak lulus standar maka akan dicoret tanpa ada penggantinya.

"Kami datang langsung karena Piala Dunia U-20 penting untuk proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama negara Asia Tenggara lainnya. Kami harus sukses dan serius terkait Piala Dunia U-20," ucap Erick.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT