Sukabumi Update

Indonesia Batal, Presiden FIFA Bakal Bertemu Argentina Bahas Piala Dunia U-20

Presiden FIFA Gianni Infantino dikabarkan akan bertemu Ketua AFA Claudio Tapia untuk membahas Piala Dunia U-20 2023 setelah Indonesia dicoret sebagai tuan rumah. | Foto: Instagram/@gianni_infantino

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden FIFA Gianni Infantino dikabarkan akan bertemu Ketua Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia untuk membahas Piala Dunia U-20 2023 setelah Indonesia dicoret sebagai tuan rumah. Keduanya bakal berada di Paraguay dalam waktu dekat.

Menurut laporan media Argentina, La Nacion, dikutip dari tempo.co pada Kamis, 30 Maret 2023, Infantino dijadwalkan menghadiri acara penghargaan yang digelar federasi sepak bola Paraguay (APF). Ia kemudian mengunjungi Kongres Conmebol pada 31 Maret 2023.

Pria berusia 53 tahun itu sudah dalam perjalanan dan diperkirakan mendarat pada Kamis siang waktu setempat, 30 Maret 2023, di Paraguay. Adapun Tapia juga akan berangkat ke Paraguay. Pertemuan keduanya kemudian dijadwalkan berlangsung pada Kamis atau Jumat.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang sumber AFA yang tak diungkapkan namanya. "Mereka (Infantino dan Tapia) tiba di Paraguay dan bertemu. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 akan menjadi agenda utama pembicaraan," ujarnya kepada La Nacion pada Rabu, 29 Maret 2023.

Baca Juga: Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 Resmi Dicabut FIFA!

Sumber itu juga mengatakan dibanding Qatar dan Peru, peluang Argentina menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 lebih besar. Argentina disebut sudah memenuhi beberapa standar sebagai tuan rumah, setidaknya dari segi infrastruktur stadion, tempat penginapan, dan transportasi umum.

Di sisi lain, Qatar telah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan memiliki hubungan politik yang tak bagus dengan Israel sehingga ada potensi bernasib sama seperti Indonesia. Sementara Peru sedang dilanda bencana alam, bahkan negara tersebut juga terancam batal menggelar Piala Dunia U-17 2023.

FIFA sendiri tak ingin mengubah jadwal Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang, sehingga diperkirakan mereka bakal menunjuk negara yang memang sudah siap.

Argentina sebelumnya telah dikabarkan siap menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA membatalkan agenda drawing yang sedianya dilaksanakan di Bali.

Media Argentina, DobleAmarilla, menyebut AFA akan langsung mengajukan diri sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 jika Indonesia mundur atau FIFA membuat keputusan mengganti tuan rumah.

FIFA secara resmi telah membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada Rabu, 29 Maret 2023. Dalam keterangan resminya, federasi sepak bola dunia itu akan segera mengumumkan tuan rumah baru dalam waktu dekat.

Sumber: Tempo.co

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT