Sukabumi Update

Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U-20 2023, Jokowi: Saya Juga Kecewa dan Sedih

Tangkapan layar cuplikan pernyataan Presiden Joko Widodo Terkait Piala Dunia Sepak Bola U-20, Kamis (30/3). (Sumber : Youtube Setkab RI)

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pernyataan resmi usai Piala Dunia U-20 2023 batal di Indonesia. Ia sadar betul bahwa keputusan FIFA tersebut telah membuat sedih dan kecewa.

Diketahui, FIFA resmi mencabut status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Rabu 29 Maret 2023 malam.

Presiden Jokowi kemudian meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir berusaha keras lobi FIFA agar tidak memberikan sanksi untuk sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 Resmi Dicabut FIFA!

Berikut pernyataan lengkap Presiden Jokowi yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 30 Maret 2023.

"Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarokatuh. Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara yang saya hormati, tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari Ketua Umum PSSI bahwa FIFA telah memutuskan membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia."

"Tentunya kita harus menghormati keputusan tersebut. Saya tahu keputusan ini membuat banyak masyarakat kecewa. Saya pun sama juga merasakan hal itu. Kecewa dan sedih."

"Tapi jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain dan sebagai bangsa yang besar kita harus melihat ke depan, jangan melihat ke belakang."

"Jadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga bagi kita semuanya bagi persepakbolaan indonesia dan saya telah meminta Ketua Umum PSSI Bapak Erick Thohir untuk terus berupaya semaksimal mungkin agar sepak bola Indonesia tidak terkena sanksi. Termasuk kesempatan untuk menjadi tuan rumah event-event lainnya. Demikian yang bisa saya sampaikan. Wassalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh."

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT