Sukabumi Update

Timnas Indonesia U-20 akan Dibubarkan Usai Batal Berlaga di Piala Dunia U-20

Timnas Indonesia U-20 akan dibubarkan setelah gagal berlaga di Piala Dunia U-20 | Foto: dok.PSSI

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas Indonesia U-20 akan dibubarkan setelah FIFA memutuskan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah gelaran Piala Dunia U-20 2023.

Kabar dibubarkannya tim Garuda Muda (julukan Timnas U-20) disampaikan oleh pelatih Shin Tae-yong setelah menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Jakarta.

"Setelah ini akan dibubarkan ya pemain, tim yang dipersiapkan (untuk) Piala Dunia U-20 kemarin. Pak Presiden tadi bicara, beliau selalu menonton pertandingan-pertandingan timnas, dan melihat perkembangan yang baik. Tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia tidak bisa digelar, dan (kita) tidak bisa ikut," katanya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sorot Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Di sisi lain, masa kontrak Shin sejak akhir 2019 lalu akan berakhir pada Desember 2023. Meski belum pernah membawa timnas Indonesia memenangi trofi apapun, namun Shin dinilai telah memberikan banyak perubahan positif kepada timnas. Ia juga dinilai mampu mendongkrak posisi Indonesia dalam daftar peringkat FIFA.

Meski kontraknya tinggal menyisakan beberapa bulan lagi, ia menyatakan belum melakukan komunikasi dengan PSSI terkait masa depannya.

"Memang akan lanjut terus sampai akhir tahun ini ya. Karena memang kontraknya seperti itu. Dan mungkin sekarang-sekarang ini harus bertemu dengan Pak Erick (Thohir) untuk membicarakan masa depan saya," kata mantan pelatih timnas Korsel itu.

Baca Juga: Rp 418 Miliar untuk Renovasi Stadion, Termasuk di Jabar! Tuan Rumah Piala Dunia Batal

Shin mendorong penggunaan pemain naturalisasi untuk mendongkrak prestasi tim Garuda. Terbaru, Indonesia sedang melakukan naturalisasi tiga pemain muda asal Belanda yakni Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivan Jenner. Mereka diproyeksikan dapat memperkuat Indonesia pada Piala Dunia U-20 yang batal digelar di tanah air.

Shin sendiri belum mengetahui nasib ke depan ketiga pemain naturalisasi tersebut, setelah timnas tidak jadi berlaga di Piala Dunia U-20.

"saya berharap ketiga pemain ini tetap jadi Warga Negara Indonesia untuk memperkuat skuad timnas Indonesia,"ujarnya.

Sumber: Suarapurwokerto.id (Jaringan Suara.com)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT