Sukabumi Update

Persib dan Persija Bersaing Ketat Untuk Runner-up Liga 1, Simak Hitung-hitungannya

Ilustrasi. Persib Bandung dan Persija Jakarta kini bersaing ketat memperebutkan posisi runner up Liga 1 | Foto: Instagram/@persib, @persija

SUKABUMIUPDATE.com - Kemenangan tipis 0-1 Persija Jakarta atas Dewa United menjadikan posisi Macan Kemayoran (julukan Persija) kini di atas angin dalam perebutan posisi runner up Liga 1.

Kedua tim memperebutkan posisi dua klasemen BRI Liga 1 musim 2022/23 untuk lolos ke babak play-off Piala AFC musim depan.

Persija Jakarta kini berada di posisi dua klasemen sementara menggusur Persib Bandung yang gagal meraih kemenangan saat menghadapi Persita Tangerang di pekan ke-33 Liga 1.

Persija Jakarta mengoleksi 63 poin dari 33 pertandingan yang dijalani sementara Persib Bandung di posisi tiga klasemen dengan torehan 62 poin dari 33 laga yang dijalani.

Baca Juga: Tanpa Dukungan Bonek dan Bonita, Persebaya Bertekad Kalahkan Arema FC

Nasib Persija kini berada di tangan sendiri ketika BRI Liga 1 musim ini menyisakan laga terakhir yakni pekan ke-34 yang akan bergulir dari 12 hingga 16 April mendatang.

Melansir dari Suara.com, Persija Jakarta akan menjamu PSS Sleman pada laga terakhirnya musim ini, sementara Persib Bandung bakal menjamu Persikabo 1973. Pertandingan tersebut akan kick-off bersamaan pada Sabtu, 15 April 2023 pukul 20.30 WIB.

Secara sederhana, Persija Jakarta cuma harus mengalahkan PSS Sleman untuk mengunci posisi runner-up. Tambahan tiga poin akan membuat hasil apapun yang diraih Persib tidak lagi berarti.

Namun, andai cuma mampu bermain imbang kontra PSS, maka Persija Jakarta harus berharap Persib juga tidak meraih kemenangan saat menjamu Persikabo 1973.

Baca Juga: Persebaya Surabaya vs Arema FC: Rekor Pertemuan, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Pembagian Kuota Kompetisi Asia untuk Klub BRI Liga 1 2022-2023

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengumumkan Indonesia mendapat tiga slot untuk kejuaraan di level Asia yaitu Liga Champions dan Piala AFC 2022/2023.

Ketiga slot tersebut adalah play-off Liga Champions, babak penyisihan grup Piala AFC dan play-off Piala AFC. LIB pun sudah menentukan siapa saja yang berhak mewakili Indonesia di kejuaraan tersebut musim depan.

Liga Champions Asia 2023/2024

Untuk slot peserta di play-off Liga Champions Asia akan diwakilkan dari pemenang pertandingan antara juara BRI Liga 1 2021/2022 yakni Bali United FC melawan juara musim ini PSM Makassar. Nantinya, tim yang akan akan langsung otomatis masuk ke Piala AFC 2023/2024.

Baca Juga: Arema FC vs Persebaya di Laga Tunda Liga 1, Singo Edan Dipastikan Siap Tempur

"Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di Piala AFC pada babak penyisihan grup," kata Ferry Paulus dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Piala AFC 2023/2024

Sementara untuk mengikuti babak play-off Piala AFC 2023/2024 akan diwakili klub dengan status runner-up BRI Liga 1 2022-2023 yang masih diperebutkan Persija dan Persib Bandung.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT