Sukabumi Update

Kabar Duka, Legenda Persib Bandung Encas Tonif Meninggal Dunia

Legenda Persib Bandung Encas Tonif meninggal dunia di usia 71 tahun | Foto: Instagram/@persib

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar duka datang dari klub Persib Bandung dimana salah satu legendanya Encas Tonif dikabarkan meninggal dunia Senin, (17/4/2023).

Pria yang pernah menjadi pemain dan pelatih Persib Bandung di era 70-an itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke 71 tahun.

"Betul. Saya juga dapat kabar di grup teman-teman pemain. Tadi meninggalnya sekitar jam 13.30 WIB," kata pemain Persib era 90-an, Asep Sumantri dikutip dari laman resmi Persib.

Encas Tonif aktif sebagai pemain Maung Bandung (julukan Persib) era 1970-an. Pria kelahiran 5 Mei 1951 tersebut merupakan salah satu bek tangguh milik Persib kala itu dan Tim Nasional Indonesia di penghujung dekade 1970-an.

Baca Juga: Profil I Made Wirawan, Legenda Persib Bandung Memutuskan Pensiun di Usia 41 Tahun

Sebagai pemain, Encas memutuskan gantung sepatu usai pertandingan final Kompetisi Perserikatan 1983 ketika Persib Bandung dikalahkan PSMS Medan melalui drama adu penalti di Stadion Utama Senayan Jakarta.

Setelah itu, Encas melanjutkan karirnya sebagai pelatih. Salah satu prestasinya yang paling dikenang adalah ketika ia membawa Pangeran Biru menjuarai Piala Soeratin untuk pertama kalinya pada tahun 2003.

Salah seorang pemain andalannya ketika itu adalah Atep yang di kemudian hari menjadi kapten Persib Bandung saat menjuarai Liga Super Indonesia 2014.

Baca Juga: Terdapat 3 Grade, Ini Harga Jersey Baru Persib Bandung Untuk Musim 2023/24

Di tim senior, Encas Tonif sempat menjadi asisten pelatih Indra M. Tohir di Liga Indonesia 2005 dan Risnandar Soendoro (2006).

Encas Tonif terakhir kali berinteraksi dengan Persib Bandung pada acara Sauyunan: Persib Walking Football di Lapangan Soccer Republic, 24 Mei 2022 lalu.

Sumber: Persib.co.id

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT